Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke kecamatan di wilayah tersebut mulai 1 Desember 2023.

"Kami perkiraan 1 Desember (2023) mulai dikirim ke wilayah (kecamatan) ya, tapi nanti lihat perkembangannya," ungkap Ketua KPU Jakarta Barat (Jakbar) Endang Istianti di Jakarta pada Selasa.

Endang menyebutkan lokasi penyimpanan logistik dan rekapitulasi suara di setiap kecamatan sudah lengkap.

"Alhamdulillah sudah terpenuhi semuanya untuk di Jakarta Barat, delapan kecamatan sudah terpenuhi semua, tempat penyimpanan logistik dan juga rekapitulasi," ungkap Endang.

Selain itu, tempat penyortiran atau pemilahan dan pelipatan kertas suara juga telah disiapkan, yakni Gelanggang Olah Raga (GOR) Kebon Jeruk.

"Kemudian juga tempat nanti kita ada surat-surat akan sortir, lipat juga di GOR Kebon Jeruk. Setelah sortir, lipat kita akan kirim ke semua kecamatan," ungkap Endang.

Baca juga: Lokasi di Jakarta ini dilarang dipasangi alat peraga kampanye
Baca juga: Bawaslu DKI kumpulkan bukti dugaan APDESI dukung capres-cawapres


Sebagian logistik Pemilu 2024 telah tiba di gudang penyimpanan awal dan akhir di Rawa Lele, Kalideres. Logistik itu berupa bilik suara, kotak suara, bilik tinta, segel ties dan segel plastik.

"Kalau bilik, kotak, bilik tinta, segel ties, segel plastik sudah ada. Jadi gudang kita ada di Rawalele. Barangnya sudah ada di gudang kita, nanti akan diatur oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), disiapkan, dihitung," katanya.

Setelah penghitungan, sortir dan lipat akan dikirim ke kecamatan mulai 1 Desember 2023.

Adapun mengenai pengamanan lokasi logistik pemilu, Endang mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri. "Sudah, dari awal kita sudah sinergi dengan TNI, dengan Polri dan sudah diamankan semua," kata dia.
Baca juga: Bawaslu DKI segera gelar sidang perdana kasus dugaan DPT fiktif
Baca juga: KPU DKI gandeng Dinkes untuk tingkatkan kesehatan KPPS


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023