Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah mobil unit darah Palang Merah Indonesia (PMI) akan mendatangi pusat berbelanjaan atau mal di Jakarta sebagai salah satu bentuk upaya PMI dalam mengatasi kurangnya stok darah selama bulan puasa.

Kepala Unit Transfusi Darah Daerah PMI Dr. Salimar Salim mengatakan kepada Antara, Rabu bahwa kegiatan mendatangi langsung mal ini bertujuan untuk mencari tempat yang ramai akan pendonor antara lain di Mangga Dua Square, Mal WTC, ITC Fatmawati, ITC Cempaka Mas, dan Carrefour.

Selain menggunakan mobil unit, PMI juga membuka bilik donor darah di beberapa mal tersebut untuk memudahkan pendonor.

Selain di mal beberapa tempat yang didatangi PMI antara lain tempat-tempat ibadah, perkantoran swasta serta beberapa instansi pemerintahan, kata Salimar Salim.

Upaya lainnya untuk menggiatkan pendonor di bulan puasa antara lain sosialisasi melalui radio dan media massa, serta mengimbau rumah sakit melakukan donor melalui keluarga pasien, dan melalui komunitas-komunitas yang bekerja sama dengan PMI.

"Selama bulan puasa, kegiatan tersebut dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu yang sudah mulai dilakukan PMI sejak 15 hari sebelum puasa. Berbeda dengan hari biasa yang dilakukan setiap hari," kata Dr. Salimar Salim.

Setiap bulan puasa terjadi penurunan jumlah donor yang menyumbangkan darahnya di UDD PMI Jakarta sehingga berdampak besar terhadap stok darah yang kosong, ujar Dr. Salimar Salim.

Pada saat ini stok darah PMI untuk minggu pertama dan kedua masih aman karena PMI sudah menyimpan stok darah mulai sebelum bulan puasa dengan jumlah sebanyak 7.778 kantong darah yang masih dapat bertahan hingga seminggu kedepan.

Pada hari biasa umumnya tersedia 1.000 kantong darah dalam satu hari yang didapatkan dari Jabodetabek dan juga luar Jawa, namun di bulan puasa hanya tersedia sekitar 20-23 kantong darah saja.

Pewarta: Dyas/Nanda
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013