Jakarta (ANTARA News) - Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, setiap harinya menyiapkan sekitar 700-1.000 paket berbuka puasa yang terdiri dari takjil dan makanan berat sepanjang Ramadhan kali ini.

"Kami menyiapkan buka puasa untuk 700-1.000 orang berupa takjil (air dan kurma) serta makan besar," kata Koordinator Bidang Dakwah Masjid Cut Meutia Pudjiono Sasongko di Jakarta, Senin.

Pudjiono menuturkan dana paket buka puasa itu berasal dari jamaah, donatur tetap masjid, serta kotak amal. "Ada juga sumbangan jamaah insidental," katanya.

Kegiatan Ramadhan seperti tarawih, pengumpulan zakat, ceramah agama hingga tadarus Al-Quran dan itikaf juga difasilitasi oleh masjid.

Sementara itu, diungkapkan Pudjiono, biasanya akan ada peningkatan jamaah terutama kala Salat Jumat.

"Biasanya ada peningkatan jumlah jamaah pas bulan puasa. Indikatornya kalau salat Jumat biasanya jamaah akan penuh sampai depan patung (di luar masjid), tapi kalau salat tarawih jumlahnya biasa saja," katanya.

Mengenai pengemis?, "Itu juga pasti nambah, biasanya kita lihat dari makin banyak yang buka, tapi 'kan kita hanya menyantuni, ga berhak mengusir," ujarnya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013