Jakarta (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) melakukan penanaman 73 ribu bibit mangrove secara serentak di seluruh Indonesia, guna melestarikan
ekosistem bawah laut dan meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran di Tangerang, Sabtu mengatakan penanaman mangrove sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-73 Polairud guna menjaga keberlangsungan ekosistem laut yang dimana saat ini sebagian pantai telah abrasi.

"Hari ini kita menanam 73 ribu bibit mangrove di seluruh Indonesia, ini bagian dari program nasional dan ini menjadi kebijakan dunia yang namanya blue carbon yang merupakan projek mengharuskan semua negara untuk menghasilkan oksigen yang bersumber dari hutan mangrove," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Dia menyampaikan rehabilitasi mangrove dilakukan secara serentak di 73 titik di seluruh Indonesia, dimana setiap titik dilakukan penanaman 2.000 bibit mangrove. Penanaman mangrove dipusatkan di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten.
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten, Sabtu (25/11/2023). ANTARA/HO-Dian.


Menurutnya, saat ini banyak terumbu karang yang rusak, begitupun pantai yang mengalami abrasi akibat hutan mangrove yang berubah peruntukan, sehingga dia menekankan pentingnya dilakukan rehilitasi hutan mangrove.

"Beribu hektare hutan mangrove atau hutan bakau kita yang berubah peruntukkan. Oleh sebab itu, kita harus terus menggelorakan, memasifkan kegiatan tanam mangrove," ujarnya.

Baca juga: Tongke-Tongke taman wisata mangrove andalan Sulsel
​​​​​

Komjen Fadil meminta seluruh jajarannya agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah baik kabupaten/kota maupun provinsi untuk selalu mencari lahan kosong sebagai tempat penanaman mangrove.

Dia menegaskan bahwa perlindungan dan pemulihan ekosistem mangrove merupakan langkah penting bagi Indonesia dalam memitigasi perubahan iklim. Keberadaan ekosistem mangrove yang baik di pesisir juga dapat meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat pesisir.

"Saya berharap gerakan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bisa berpartisipasi menjaga lingkungan sesuai yang disampaikan Presiden Joko Widodo dan Kapolri yang diutarakan dalam konferensi tingkat tinggi forum negara-negara pulau dan kepulauan yang berlangsung di Bali," kata Fadil.

Baca juga: PMI resmikan Pusat Mangrove Manggarai sebagai lokasi mitigasi hijau
Baca juga: KLHK minta dukungan rehabilitasi 600 ribu hektare lahan mangrove

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023