Kreasi seni dan budaya yang ditampilkan dapat terus berkembang ke arah yang positif dan menarik wisatawan.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Ajang kreasi seni budaya Kanjuruhan Culture Carnival yang digelar di Kabupaten Malang, Jawa Timur diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke wilayah tersebut.

Bupati Malang M Sanusi, di Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu, mengatakan bahwa Kanjuruhan Culture Carnival yang digelar dalam rangka Hari Jadi ke-1.263 Kabupaten Malang tersebut diharapkan bisa berkembang ke arah positif dan menarik minat wisatawan.

"Kreasi seni dan budaya yang ditampilkan dapat terus berkembang ke arah yang positif dan menarik wisatawan," kata Sansusi.

Sanusi menjelaskan, Kanjuruhan Culture Carnival tersebut merupakan ajang untuk menampilkan seluruh potensi seni budaya yang ada di wilayah Kabupaten Malang. Karnaval tersebut, rencananya akan masuk dalam event nasional yang akan diselenggarakan tiap tahun.

Menurutnya, seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Malang, akan menampilkan berbagai kreasi dan keunikan masing-masing wilayah, yang pada akhirnya diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Malang.

"Sebanyak 33 Kecamatan menampilkan keunikan dan kekhasan dari daerahnya masing-masing. Ini juga akan diajukan ke pemerintah pusat sebagai Kalender Event Nasional," katanya.

Ia menambahkan, selain untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-1.236 Kabupaten Malang, Kanjuruhan Culture Carnival juga menjadi kesempatan bagi 33 kecamatan yang ada di wilayah tersebut untuk menunjukkan berbagai potensi terbaik yang dimiliki.

"Ini menjadi salah satu event budaya yang strategis dalam mewadahi kreativitas serta ekspresi dari masyarakat Kabupaten Malang, yang harapannya dapat terus diselenggarakan secara berkelanjutan," katanya.

Kanjuruhan Culture Carnival mengusung konsep berbeda dibanding karnaval lain yang pernah digelar oleh Pemerintah Kabupaten Malang, yakni dengan menyiapkan tiga panggung sebagai titik tampil para peserta yang berasal dari 33 kecamatan.
​​​​​​​
Kanjuruhan Culture Carnival menyuguhkan karnaval budaya yang diikuti oleh kelompok seni dan budaya dari Kabupaten Malang dan sekitarnya. Para peserta menggunakan kostum dan properti tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Karnaval tersebut juga menampilkan pertunjukan seni budaya dengan beragam pertunjukan yang memperkaya pengalaman para pengunjung, serta memamerkan kekayaan budaya Kabupaten Malang, tentang wawasan mendalam tentang warisan lokal.
Baca juga: Delapan kiat jaga keselamatan di tempat wisata ramai
Baca juga: Pemkab Malang optimalkan Perumda Jasa Yasa kelola destinasi wisata


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023