Serang (ANTARA) - Wakapolda Banten Brigjen Pol HM Sabilul Alif menegaskan kepada seluruh personel Polda Banten agar tetap menjaga netralitas mereka dalam mengawal Pemilu 2024.
 
"Kita harus bersikap tegas bahwa Polri itu netral dan profesional dalam mengamankan dan mengawal Pemilu 2024," katanya usai melangsungkan apel pagi rutin, di lapangan Polda Banten, Senin.
 
Ia juga menyampaikan agar para personel tetap berhati-hati dengan pihak yang ingin mencari celah kesalahan.
 
Selain itu, pihaknya juga menekankan kepada seluruh personel khususnya Polda Banten agar tetap mengikuti arahan Kapolri selama Operasi Mantap Brata.
 
"Polri tidak boleh ikut dalam politik praktis, gaungkan bahwa netralitas Polri berjalan konsisten dan tidak diintervensi oleh pihak manapun dalam proses Pemilu 2024," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam rangka Operasi Mantap Brata agar para personel tetap menjaga kesehatan.
 
"Saya sampaikan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata agar tetap menjaga kesehatan sehingga segala tugas dan tanggung jawab dapat dikerjakan dengan baik," kata Sabilul.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten sebanyak 1.333 pada Pemilu 2024.
 
Keterangan resmi yang diterima dari KPU setempat, 1.333 calon itu tersebar di 12 daerah pemilihan (dapil) pada 18 partai politik peserta Pemilu tahun 2024.
 
Dari 1.333 calon tersebut 833 calon laki-laki atau 62,49 persen dan 500 calon perempuan atau 37,51 persen.

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023