Jakarta (ANTARA/JACX) - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir disebut mengeluarkan pernyataan tentang 150 pemain naturalisasi yang dibutuhkan Timnas Indonesia.

Narasi itu dibagikan sebuah kanal YouTube dalam video berdurasi satu menit pada 17 November 2023.

Erick mengatakan, sebagaimana dimuat dalam rekaman di YouTube, 150 pemain asing ini akan ditempatkan di segala level usia Timnas Indonesia agar bisa berprestasi di kancah dunia. 

Ketersediaan pemain itu bakal memudahkan tim pelatih dalam membentuk skuad. Timnas Indonesia juga menjadi lebih siap dalam berbagai ajang yang akan diikuti. 

Lantas, benarkah PSSI sebut Timnas Indonesia butuh 150 pemain naturalisasi?
 
Tangkapan layar video berisi narasi hoaks yang menyatakan PSSI sebut Timnas Indonesia butuh 150 pemain naturalisasi  (YouTube)

Penjelasan:
Klaim di media sosial soal 150 pemain asing yang dibutuhkan Timnas Indonesia itu dibantah langsung oleh Erick Thohir.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini mengatakan peredaran narasi tersebut merupakan upaya fitnah yang tidak masuk akal, sebagaimana diberitakan ANTARA pada 18 November 2023.

"Satu hal yang jelas, unggahan soal 150 pemain dinaturalisasi adalah sebuah berita bohong, fitnah yang tidak masuk akal. Hal yang patut disayangkan adalah pihak yang tak bertanggung jawab sengaja menyebar kabar bohong yang bernada provokatif itu jelas-jelas memiliki niat tak baik," ujar Erick .

Ia menegaskan program naturalisasi tak dilakukan secara serampangan karena ada proses yang sangat ketat sebelum pemain keturunan bisa memperkuat Merah Putih.

"Buktinya banyak pemain luar yang berminat pun tidak bisa memperkuat timnas jika memang tidak sesuai standar dan prosedur yang ada. Jadi perlu ditegaskan core utama timnas kita adalah pembinaan yang berjenjang," kata dia.

Klaim: PSSI sebut Timnas Indonesia butuh 150 pemain naturalisasi 
Rating: Hoaks

Baca juga: Erick Thohir siapkan Timnas U-17 untuk program jangka panjang

Baca juga: Ketum PSSI konfirmasi calon pemain naturalisasi Ragnar Oratmangoen

Baca juga: Erick Thohir ungkap Justin Hubner segera dinaturalisasi



 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023