Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga berterima kasih kepada Komnas Perempuan atas dedikasi-nya selama 25 tahun menjalankan amanat konstitusi, yakni melindungi bangsa Indonesia, khususnya kaum perempuan.

"Amanat konstitusi telah dijalankan dengan sungguh-sungguh, dengan penuh dedikasi, dan melahirkan berbagai terobosan," kata Menteri Bintang Puspayoga di Jakarta, Rabu.

Pihaknya mengapresiasi paparan yang komprehensif yang disampaikan oleh Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani dalam acara Puncak Perayaan 25 Tahun Komnas Perempuan.

"Apa yang disampaikan oleh Ketua Komnas Perempuan itu sangat komprehensif, dengan kerja-kerja nyata yang sudah dihasilkan dan kalau dari kami sendiri dari Kementerian (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) ini, yang kami rasakan bagaimana kita memperjuangkan bersama terkait dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2022 karena ini kan sudah melalui proses yang panjang," katanya.

Baca juga: Menteri PPPA ajak wisudawan Universitas Ngurah Rai bangun bangsa

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) pertama kali digagas oleh Komnas Perempuan.

"Hampir 10 tahun (proses), baru 12 April 2022 disahkan, 9 Mei 2022 diundangkan," kata Bintang Puspayoga.

Menteri PPPA pun mengajak Komnas Perempuan untuk bersama-sama mengawal implementasi dari UU tersebut.

"Kita masih punya tantangan yang cukup berat ke depannya. Bagaimana undang-undang yang melalui perjuangan, yang melalui proses yang panjang ini implementasinya betul-betul kita kawal dengan baik," katanya.

Baca juga: Menteri Bintang pesan perempuan tingkatkan kapasitas, ukir prestasi

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023