Berlin (ANTARA News) - Pep Guardiola memukau media dunia saat ia mengambil alih jabatan pelatih Bayern Munich, namun pelatih kepala yang baru ini harus segera mengurusi upayanya untuk menjaga kesuksesan tiga gelar sang juara Eropa menjelang sesi latihan pertama pada Rabu.

Kegembiraan mengelilingi kedatangannya di Bayern di mana sekitar 25.000 pendukung diperkirakan akan menghadiri dua sesi latihan pertama Guardiola di Allianz Arena Munich pada Rabu dan Kamis malam, lapor AFP.

Guardiola berjanji untuk memelihara kesuksesan Bayern setelah tim Bavaria itu memenangi gelar Liga Champions musim lalu, mengangkat Piala Jerman dan memecahkan atau menyamai 25 rekor Liga Jerman dalam perjalanannya menjuarai liga domestik di bawah pendahulunya Jupp Heynckes.

Baru saja tiba di Jerman pada Minggu, Guardiola (42) memperlihatkan karismanya di depan lebih dari 250 pewarta pada pertengahan Senin, kemudian melakukan tur di kompleks latihan klub sebelum menjalani serangkaian pertemuan pada Selasa.

Ia memenangi perhatian media di mana harian terbesar Jerman Bild menegaskan bahwa "Pep telah menjadi juara Jerman" saat Guardiola memperlihatkan kemampuan berbahasa Jermannya yang cukup baik.

"Guardiola membuat orang-orang bermimpi," tulis media Spanyol El Mundo Deportivo, sedangkan surat kabar Prancis L`Equipe menyebut dirinya sebagai "Sang Penggoda" ketika mantan pelatih Barcelona itu, yang memenangi 14 gelar dalam empat tahun di Nou Camp, membawa sentuhan glamor ke Liga Jerman.

Bahkan rival-rival Bayern di Liga Jerman terpukau dengan kedatangan sang pelatih baru.

"Sekarang Bayern akan semakin disukai. Di bawah Jupp Heynckes mereka begitu berbahaya yang membuat mereka disukai," tutur pelatih Mainz Thomas Tuchel dalam Bild, sedangkan Hans-Joachim Watzke, CEO Borussia Dortmund, berkata, "Ia adalah orang baik yang datang dengan sangat baik."

Guardiola membawa lima staff kepercayaannya, namun ia tetap mempertahankan Hermann Gerland, yang bekerja bersama Heynckes, sebagai asisten pelatih.

Asisten Domenec Torrent, yang bekerja bersama Guardiola di Barcelona ketika mereka memenangi 14 gelar antara 2008 sampai 2012, ditambah pelatih kebugaran Lorenzo Buenaventura dan analis video Carles Planchart keduanya bergabung bersama dia dari rezimnya di Camp Nou.

Orang kepercayaannya Manel Estiarte akan berada di sisi Guardiola di Munich dan satu-satunya tambahan di timnya adalah mantan ahli video Schalke Lars Kornetka yang akan menyajikan rekaman-rekaman video untuk dianalisis sepanjang pertandingan. (RF/D011) 

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013