Asuransi bisa menekan potensi kerugian akibat musibah yang menyebabkan kerugian usaha, yang berguna bagi UMKM
Jakarta (ANTARA) - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance memberikan edukasi literasi keuangan, terutama mengenai asuransi kepada 250 pedagang dari 26 pasar di Kota Malang, Jawa Timur.

"Perlu ada peningkatan literasi keuangan secara berkelanjutan dengan keadaan literasi saat ini. Sebab, kalau sudah tahu dan paham, harapannya pelaku UMKM mau menggunakannya," kata Direktur Keuangan dan Operasional BRI Insurance Sony Harsono dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Sony menyebut kesadaran para pelaku UMKM untuk memiliki asuransi masih minim hingga saat ini.

Menurut dia, kebanyakan pelaku UMKM hanya mengakses permodalan saja, tanpa memikirkan untuk memiliki proteksi terhadap usaha yang dijalankan.

Padahal, asuransi bisa menekan potensi kerugian akibat musibah yang menyebabkan kerugian usaha, yang berguna bagi UMKM.

Senada, Kepala Bagian Lembaga Jasa Keuangan 1 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang Inggit Mawarsih Puspita Sari mengatakan sosialisasi inklusi keuangan masih perlu ditingkatkan, terutama asuransi, menimbang masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi.

Inggit menekankan sosialisasi yang dibutuhkan tak hanya berorientasi pada pemahaman, tetapi juga dorongan untuk menggunakan asuransi. Sebab, banyak masyarakat yang mengetahui produk asuransi, namun enggan untuk menggunakannya dengan berbagai alasan.

Dengan kegiatan edukasi dari BRI Insurance, diharapkan dapat mendukung kecakapan keuangan para pelaku UMKM, terutama terkait pentingnya proteksi asuransi bagi keberlangsungan usaha dan menghadirkan produk-produk asuransi yang cocok dengan UMKM seperti asuransi kerugian tempat usaha.

Terlebih, asuransi kini memiliki beragam produk yang menawarkan nilai premi dari nominal kecil hingga besar. Dengan begitu, masyarakat dapat memilih produk asuransi yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

Kegiatan edukasi tersebut mengusung tema "Peran dan Fungsi Asuransi untuk Keamanan Bisnis dan Kesejahteraan Pedagang". Kegiatan dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang pada Kamis (9/11/2023).

Baca juga: BRI Insurance perluas jangkauan dengan resmikan kantor Bogor-Bekasi
Baca juga: BRI Insurance resmikan kantor di Bengkulu untuk memperluas jaringan
Baca juga: BRINS dukung pemberdayaan tempat wisata Situ Tunggilis lewat renovasi


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023