Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Merak, Banten, mengoperasikan 24 kapal "roll on roll off" atau "roro" untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan sehubungan memasuki liburan sekolah.

"Kami mengoperasikan 24 kapal untuk mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang, meskipun saat ini masih relatif normal," kata General Maneger PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Cabang Ferry Merak Supriyanto di Merak, Senin.

Ia mengatakan bahwa saat ini kondisi di dermaga Pelabuhan Merak masih berjalan lancar dan tanpa adanya antrean kendaraan.

Mereka adalah penumpang pejalan kaki maupun kendaraan langsung bisa diseberangkan menuju ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Namun demikian, kata dia, diperkirakan penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni akan terjadi pada dinihari.

Biasanya, penumpang dari berbagai daerah di Pulau Jawa tiba di Pelabuhan Merak secara bersamaan sehingga hal tersebut potensial menimbulkan antrean.

Karena itu, kata dia, pihaknya sudah melakukan antisipasi jika terjadi antrean kendaraan dengan mengoperasikan 24 kapal.

Sebab tiga hari terakhir, Minggu (23/6) kondisi Pelabuhan Merak terjadi peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan pribadi karena memasuki musim liburan sekolah.

"Kami berharap dengan mengoperasikan 24 kapal bisa mengantisipasi peningkatan penumpang dan kendaraan," katanya menegaskan.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Pelabuhan Merak lengang dan tidak terjadi penumpukan truk di dermaga.

Semua kendaraan yang berada di Dermaga I sampai V Pelabuhan Merak bisa langsung naik ke atas kapal menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sejauh ini, kata dia, penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak berjalan lancar, bahkan di Dermaga I sampai V Pelabuhan Merak tidak terjadi kemacetan.

"Angkutan truk maupun kendaraan pribadi berjalan lancar naik ke atas kapal," ujarnya. (MSR/M026)

Pewarta: Mansyur
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013