Sebenarnya K-Pop di Indonesia itu sudah lama banget menjamur dari zaman gue kuliah dari Super Junior ke sini
Jakarta (ANTARA) - Penyanyi VIDI menilai basis-basis penggemar atau fandom para grup idola K-pop di Indonesia sangat kuat dan punya dampak melalui gerakan-gerakan yang mereka lakukan.

"Fanbase di Indonesia itu juga kuat banget. Gue udah beberapa ketemu komunitasnya juga, mereka kuat dan punya impact, enggak cuma mereka mengidolakan tapi bikin movement-movement yang menurut gue luar biasa," kata dia di Jakarta, Rabu.

Selain tentang basis penggemar, pelantun "Cinta Jangan Kau Pergi" itu juga membahas tentang musik K-pop di Indonesia yang menurut dia sudah lama menjamur.

Baca juga: Taecyeon di Jakarta: Panas ya!

"Sebenarnya K-Pop di Indonesia itu sudah lama banget menjamur dari zaman gue kuliah dari Super Junior ke sini, beberapa tahun belakangan ini rasanya makin erat hubungan Korea dan Indonesia," kata VIDI.

Dia mengaku senang karena semakin banyak idola K-pop yang menjadikan Indonesia sebagai lokasi favorit mereka untuk melakukan pertunjukan atau konser.

Tahun ini saja, sederet artis K-pop yang mengadakan konser di Indonesia antara lain TREASURE, NCT 127, NCT DREAM, NMIXX, aespa, Red Velvet, TXT, Taeyeon SNSD dan THE BOYZ.

"Meet and great dan beberapa tahun terakhir kan banyak banget tiap bulan ada aja yang berkunjung ke Indonesia untuk melalukan show, ketemu fans-fansya," tutur VIDI.

VIDI mengaku mulai menyukai musik K-pop pada awal pandemi COVID-19. Tahun ini dia berkesempatan bekerja sama dengan produser Korea Selatan, G-High dari Monotree serta duo LOONA untuk lagu "w u at?".

"Produsernya benar-benar yang sudah memproduksi banyak lagu dari idol-idol yang gue sangat amat idolakan," kata dia yang mengaku tak menyangka ajang penghargaan Golden Disc Awads ke-38 akan digelar di Jakarta pada 6 Januari 2024.

Baca juga: IVE masukkan Indonesia dalam rangkaian tur konser dunia perdana

Baca juga: ZEROBASEONE luncurkan "Melting Point", terinspirasi dukungan fan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023