Kami mainkan di 'Tactical Floor Game' terkait dengan pengamanan besok
Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Timur memetakan titik-titik kerawanan yang perlu diwaspadai Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya melalui kegiatan Tactical Floor Game (TFG) di Mapolda setempat, Rabu.

"Kami mainkan di Tactical Floor Game terkait dengan pengamanan besok," kata Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto usai memimpin kegiatan Tactical Floor Game di Surabaya.

Dalam TFG ini, kepolisian membeber peta raksasa di atas pantai. Di sana dipaparkan sejumlah titik kerawanan yang perlu diwaspadai, mulai dari kerawanan kemacetan, kepadatan di area pintu masuk maupun potensi lainnya.

"Nah di TFG ini permasalahan-permasalahan kerawanan yang akan muncul kami bahas, termasuk solusi-nya kami paham-kan petugas-petugas lapangan," tutur Imam.

Imam melanjutkan kalau komandan pleton (danton) yang telah ditunjuk juga hadir dalam TFG Piala Dunia U-17 ini.

Baca juga: Piala Dunia U17 2023 dan bagaimana peluang Indonesia

Baca juga: Pelatih: Pemain Indonesia sadar tanggung jawab di Piala Dunia U-17


"Jadi Danton ikut, supaya mereka besok pada saat begitu turun ke lapangan memimpin anak buah tahu, tidak ragu-ragu lagi apa yang harus dikerjakan pada saat menemui hambatan di lapangan," ujar dia.

Sementara pengamanan di kawasan hotel, dinilai oleh Imam tidak ada masalah karena sudah ada petugas yang siaga di masing-masing hotel tempat menginap para pemain dari beberapa negara seperti Timnas Panama, Maroko, Ekuador, Mal dan Kanada.

"Pengamanan kami lakukan bubble to bubble, jadi tidak ada kekhawatiran untuk para pemain, official, penonton dari asing, itu betul-betul merasa nyaman dan aman di Surabaya," tuturnya.

Dia memastikan bahwa tidak ada penutupan akses jalan di sekitar Stadion GBT Surabaya selama Piala Dunia U-17. Namun hanya ada penjagaan berlapis yang menuju area stadion. "Kegiatan masyarakat berjalan seperti biasa," ucap Imam.

Baca juga: Waketum PSSI harap dukungan masyarakat pada timnas Indonesia U-17

Baca juga: PSSI: FIFA beri sejumlah target untuk Indonesia di Piala Dunia U-17


Lebih lanjut, jenderal bintang dua ini berharap seluruh masyarakat Jatim turut serta menyukseskan gelaran Piala Dunia U-17 Indonesia ini.

"Masyarakat sekitar ayo kita sukseskan, ini adalah kepercayaan dunia untuk Indonesia, supaya Piala Dunia U-17 FIFA 2023 sukses di Surabaya, di Jawa Timur," harapnya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023