Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian mengajak pemerintah daerah untuk ikut menyosialisasikan dan memaksimalkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian sehingga target serapan pada tahun ini bisa dicapai.

Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Indah Megahwati mengatakan, sekitar Rp40 triliun KUR pertanian masih belum tersalurkan kepada petani dan pelaku usaha kecil menengah di sektor pertanian. Pemerintah menargetkan KUR pertanian bisa terserap total Rp100 triliun hingga akhir tahun.

"Saat ini kami mempunyai target Rp100 triliun. Yang sudah terserap saat ini (hingga Oktober 2023) sekitar Rp60 triliun sekian," kata Indah saat dijumpai dalam acara diskusi UMKM di Universitas Indonesia, Depok.

Sektor perkebunan, terutama pada perkebunan tebu dan kelapa sawit, menyerap KUR paling banyak pada tahun ini dibandingkan sektor lainnya seperti tanaman pangan, hortikultura, dan peternakan.

Menurut Indah, tingginya serapan KUR pada sektor perkebunan juga didukung dengan adanya model bisnis dengan tingkat kepercayaan yang sudah terbentuk.

Indah mengatakan realisasi penyaluran KUR pertanian dari tahun ke tahun hampir selalu melampaui dari target. Dia menyebutkan KUR yang tersalurkan pada 2021 mencapai angka sekitar Rp85 triliun dari target Rp70 triliun dan pada 2022 mencapai Rp113 triliun dari target Rp90 triliun.

"Memang ada sedikit penurunan untuk serapan KUR (sektor pertanian) karena kita baru bangkit ekonominya dari yang tadinya untuk mengakses pembiayaan dengan kredit ini cukup besar," kata Indah.

Meski penyaluran masih cukup rendah, Indah optimis penyaluran KUR bisa maksimal hingga akhir tahun mengingat kondisi ekonomi Indonesia sudah kembali pulih. Apalagi, Kementan juga telah mendorong petani untuk memanfaatkan KUR dan asuransi pertanian sebagai antisipasi kerugian akibat gagal panen karena dampak el nino.

Baca juga: Kementan siapkan KUR Pertanian Rp50 miliar per kabupaten
Baca juga: Kementan persilakan petani akses KUR dalam menghadapi el nino
Baca juga: BRI prioritaskan penyaluran KUR Pertanian dukung ketahanan pangan ​​​​​​​


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023