Amunisi pasukan asuhan pelatih Luiz Felipe Scolari siap memberondong lini pertahanan balatentara Alberto Zaccheroni.
Rio de Janeiro (ANTARA News) - Pasukan "Selecao" mengawali turnamen Piala Konfederasi 2013 dengan asa yang membuncah, dan siap melibas siapa pun lawan di depan, termasuk Jepang.

Brazil baru saja menghirup oksigen optimisme setelah memukul juara dunia 1998, Prancis dengan 3-0 pekan lalu.

Tidak ada tim favorit, tidak ada tim kuda hitam, karena sepak bola terbentang menyediakan segala kemungkinan, antara kalah,menang atau imbang. Tinggal sekarang menanti penuh harap, siapa tim yang bakal bersua dengan kemenangan sebagai takdir purba dari sepak bola.

Brazil akan dijajal oleh Jepang dalam laga perdana Piala Konfederasi Grup A di Estadio Nacional, Brasilia, Brazil, pada Minggu dini hari WIB. Laga akan ditayangkan secara langsung oleh sebuah televisi swasta.

Pasukan Samurai Biru melenggang ke turnamen ini berbekal sukacita. Mereka ingin menambah sukacita dengan merebut poin dari tim tuan rumah.

Ini memang tidak mudah seperti layaknya membalik telapak tangan. Jepang berada di grup alot bersama Italia dan Meksiko. Untuk itu, Jepang bersiap menggelontorkan semangat bushido, semangat pantang menyerah menghadapi lawan.

Amunisi pasukan asuhan pelatih Luiz Felipe Scolari siap memberondong lini pertahanan balatentara Alberto Zaccheroni. Pemain anyara Barcelona, Neymar siap memberi penampilan terbaik bagi negaranya dan klubnya.

Jepang memang belum pernah mengalahkan Brazil dalam sembilan laga sebelumnya. Dua tim bersua pada Oktober lalu. Waktu itu Brazil yang masih dilatih Mano Menezes mampu meraup kemenangan 4-0 di Polandia.

Bintang Brazil, Neymar akan bahu membahu bersama Fred dengan adonan formasi 4-2-3-1. Sementara, di bawah mistar, Scolari percaya penuh kepada kiper QPR, Julio Caesar. Big Phil masih perlu putar otak, antara memasang Marcelo atau Filipe Luis di posisi bek kiri.

Bintang Jepang Keisuke Honda yang masih belum pulih benar dari cedera diliputi tanda tanya, apakah diturunkan atau justru dibangkucadangkan. Pilihan jatuh kepada Shinji Kagawa yang akan memainkan peran sentral. Ban kapten tim Jepang akan dikenakan oleh Makoto Hasebe.

Laga perdana ini menjanjikan jual beli serangan. Brazil jelas tidak ingin kehilangan muka dengan tampil di hadapan publik sendiri, sementara Jepang bakal merangsek tanpa ampun dengan menggunakan senjata pamungkas Samurai Biru.

Kedua negara dikenal punya tali temali sejarah dan kultural, meski laga nanti tetaplag laga yang harus diperjuangkan dan direbut karena di seberang sana ada kehormatan.

Ini laga kompetitif perdana bagi Brazil dalam kurun 23 bulan, sejak menelan pili kekalahan dai Paraguay dalam kuarter-final Copa America 2011.

Brazil akhirnya terdampar sampai ke peringkat 22 dalam daftar peringkat yang dikeluarkan FIFA. Bagi Brazil, laga ini membuka jalan bagi perbaikan peringkat di masa depan. Di atas Brazil ada Ghana (perinkat 21), dan Denmark (peringkat 20).

Pasukan Scolari hanya mampu mengail dua kemenangan dari sembilan laga. Laga perdana ini diharapkan dapat memberi oksigen harapan bagi kubu Brazil.

Brazil yang berpenduduk sekitar 201 juta jiwa dibaptis sebagai masyarakat gila bola. Mereka percaya penuh bahwa dewi Fortuna bakal menyambangi mereka kali ini, utamanya dalam laga Piala Dunia 2014.

Jepang akan mengayuh perahunya ke turnamen ini dengan penuh sukacita, kata pengamat sepak bola Guy Mowbray dalam situs BBC.com. "Mereka berusaha sekuat tenaga dan kemampuan merebut bola dari lawan dan mencoba melakukan serangan balik dengan cepat, meski mereka kurang punya striker berkelas."

Dengan dimotori pemain Manchester United (MU) Shinji Kagawa, bukan tidak mungkin Jepang banyak merepotkan lini pertahanan Brazil.

Pelatih Zaccheroni menegaskan, "Di Eropa tempat saya berasal, banyak orang beranggapan bahwa dunia tidak akan berubah. Saya justru tidak beranggapan seperti itu." Pernyataan ini merujuk optimisme, dan Jepang punya senjata rahasia dalam diri Keisuke Honda Yuto Nagatomo.

Head-to-head:
* Brazil menang tujuh kali dan dua kali imbang dalam sembilan pertemuan, menjaringkan 24 gol dan kemasukan 4 gol.
* Kedua tim pernah bersua, hasilnya imbang 0-0 pada 2001, dan 2-2 pada 2005.   
* Brazil menekuk Jepang 4-0 dalam laga persahabatan di Wroclaw, Polandia pada Oktober 2012. Neymar mengemas dua gol, Paulinho dan Kaka masing-masing satu gol.
* Laga persahabatan (FR) 16 Oct 2012     Jepang 0 - Brazil 4     
* Piala Dunia 2006 (WC) 22 Jun 2006     Jepang 1 - Brazil 4

Prakiraan susunan pemain:

Brazil (4-2-3-1):
Julio Cesar (penjaga gawang), Alves, David Luiz, Thiago Silva, Marcelo, Paulinho, Luiz Gustavo, Hulk, Oscar, Neymar, Fred
    
Jepang (3-4-3):
Kawashima (penjaga gawang), Uchida, Yoshida, Konno, Nagatomo, Endo, Hasebe, Okazaki, Honda, Kagawa, Maeda

Pemain andalan:

Neymar (Brazil)
Posisi: Striker
Nomor punggung:    10

Banyak harapan tertumpu ke pundak Neymar. Kritik juga bertubi-tubi atas penampilan pemain berusia 21 tahun ini. Tinggal sekarang, dapatkah ia mewujudkan harapan, atau justru tinggal harapan dan kenangan, bahwa Brazil adalah kampiun sepak bola sejagat. Laga melawan Jepang bakal membuktikan kesungguhan dan ketetapan hati Neymar.        
 
Shinji Kagawa
Posisi: Gelandang
Nomor punggung:    10

Ziarah Kagawa sarat warna-warni bersama Manchester United. Musim perdana di Old Trafford tidak senantiasa mulus bagi pemain asal Jepang ini.Gelandang serang ini menjadi kunci bagi Jepang untuk mengobrak-abrik pertahanan Brazil.   

 
Prediksi hasil laga (Goal.com):   
 
Brazil vs Jepang : hasil imbang (74,9 persen)

Prediksi tiga besar:

Brazil 3-1 Jepang (15,76 persen)
Brazil 3-0 Jepang (12,9 persen)
Brazil 2-1 Jepang (11,44 persen)

Lima laga terakhir:    
 
Brazil  
9 Jun 2013    Brazil 3 - Prancis 0    FR
2 Jun 2013    Brazil 2 - Inggris 2    FR
25 Apr 2013    Brazil 2 - Chile 2    FR
6 Apr 2013    Bolivia 0 - Brazil 4    FR
25 Mar 2013    Brazil 1 - Russia 1    FR

Jepang
11 Jun 2013    Iraq 0 - Jepang 1    WCQA
4 Jun 2013    Jepang 1 - Australia 1    WCQA
30 May 2013    Jepang 0 - Bulgaria 2    FR
26 Mar 2013    Jepang 2 - Japan 1    WCQA
22 Mar 2013    Jepang 2 - Kanada 1    FR
 
Narasi prediksi:

Tekanan akan berada di kubu Brazil sebagai tuan rumah. Publik setempat berharap tim kesayangannya memetik kemenangan. Laga perdana melawan Jepang ini bakal dijadikan "ledakan besar" bagi Brazil untuk awal yang baik. Bukankah awal yang baik boleh dibilang setengah pekerjaan terselesaikan?    
 
Prediksi Antaranews.com
Brazil 3
Jepang 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013