Kami terkejut saat melihat poin yang digunakan ternyata kecil
Makassar (ANTARA News) - Tim Indonesia merebut dua medali perak dan perunggu kejuaraan internasional panjat tebing di China, 10-12 Juni 2013.

Pemanjat asal Sulsel yang juga berlaga di kejuaraan tersebut, Hermawan, saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan, dua medali itu diperoleh atlet asal DKI Jakarta Rita Sugiarta (medali perak), serta Rindi Sugiarto asal Jatim yang meraih medali perunggu.

Rindi di peringkat tiga setelah kalah poin dari pemanjat Rusia dan China yang masing-masing menjadi juara satu dan dua.

"Saya sendiri hanya menempati peringkat 12, dan pemanjat asal DKI lain berada di peringkat 18. Saya minta maaf tidak bisa naik podium dan menambah medali untuk Indonesia," kata Hermawan yang baru tiba di Tanah Air.

Mengenai kegagalan di kejuaraan itu, dia mengatakan, bukan karena kurang persiapan melainkan persoalan teknis. Peraih perak PON 2012 itu tidak menyangka poin yang digunakan di China berbeda dengan yang digunakan selama berlatih.

Selama berlatih di Jakarta, bersama atlet lain lebih fokus menggunakan poin yang besar. Sebaliknya di China justru poin yang digunakan lebih kecil, dan hal itu mengejutkan tim Indonesia.

"Kami terkejut saat melihat poin yang digunakan ternyata kecil. Padahal pada Kejuaraan Asia lalu justru menggunakan poin besar. Terus terang kita kaget dan membuat kita dingin," katanya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013