Banjarbaru (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor meminta pemuda di daerahnya  melibatkan diri memerangi kebodohan dan kemiskinan seiring dengan 95 tahun peringatan Hari Sumpah Pemuda di Indonesia.

“Pemuda harus bangkit, hancurkan kemiskinan dan kebodohan, hancurkan segala bentuk keterbelakangan,” kata Sahbirin di Banjarbaru, Sabtu.

Dia mengungkapkan hal itu pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Kalimantan Selatan.

“Pemuda harus berperan bersama-sama untuk mengentaskan segala ketertinggalan, mendorong pembangunan untuk kemajuan Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: PPAPP DKI: Maknai Hari Sumpah Pemuda dengan berani membangun mimpi

Baca juga: DKI perkuat identitas dan karakter generasi muda melalui seni budaya


Pada momentum Hari Sumpah Pemuda, Sahbirin menyerahkan secara langsung penghargaan kepada lima pemuda Kalimantan Selatan yang memiliki prestasi mulai dari tingkat daerah hingga kancah nasional beberapa waktu yang lalu.

Kelima pemuda itu di antaranya empat orang berprestasi di tingkat daerah kategori Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2023, yakni juara satu bidang pendidikan, juara satu bidang sumber daya alam lingkungan dan pariwisata, juara satu bidang pangan, serta juara satu bidang inovasi dan teknologi.

Kemudian satu pemuda meraih juara satu Pemuda Pelopor 2023 tingkat nasional bidang agama, sosial, dan budaya.

Selain memberikan penghargaan kepada pemuda berprestasi, Sahbirin juga memberikan bantuan dana kepada para perwakilan pemuda yang berprofesi sebagai wirausaha pemula. Total ada 70 orang pemuda wirausaha yang menerima bantuan berupa uang tunai dengan nominal Rp10 juta per orang.

Sahbirin berharap pemuda tidak hanya fokus mengukir prestasi untuk individu saja, tetapi terlibat untuk memajukan daerah melalui berbagai pemikiran dan gagasan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kalsel Hermansyah mengatakan pada momentum Hari Sumpah Pemuda ke-95, banyak pemuda lain yang sudah meraih prestasi mulai dari tingkat daerah hingga nasional.

“Kita ingin pemuda terus bangkit untuk menjadi generasi emas Indonesia,” ujar Hermansyah.*

Baca juga: ITB-AD dukung kebijakan kenaikan harga rokok lindungi generasi muda

Baca juga: Gubernur Jatim ajak teladani tokoh pemuda Soekarni Kartodiwirjo 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023