Sektor migas membutuhkan sistem pengamanan yang sangat ekstra, serta didasarkan atas standar sistem pengamanan yang ketat dan profesional,"
Bandung (ANTARA News) - Polda Jabar dan PT Pertamina Unit Pemasaran III menandatangani buku petunjuk lapangan pengamanan perusahaan minyak dan gas bumi yang digelar di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Selasa. 

Penandatanganan dilakukan oleh Kapolda Jabar Irjen Polisi Tubagus Anis Angkawijaya dengan General Manager Marketing Operation Region III PT Pertamina (Persero) Hasto Wibowo yang dihadiri oleh para pejabat utama Polda Jabar dan pejabat dari Pertamina Marketing Operation Region III.

"Sektor migas membutuhkan sistem pengamanan yang sangat ekstra, serta didasarkan atas standar sistem pengamanan yang ketat dan profesional," kata Kapolda.

Dengan demikian, kata dia, mampu mengantisipasi, menghadapi, dan memperkecil segala risiko dan dampak keamanan yang dapat mengganggu operasional PT Pertamina.

Pelaksanaan penandatanganan buku petunjuk lapangan itu, kata dia, karena sektor minyak dan gas bumi merupakan salah satu objek vital nasional, sebagai badan atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, serta merupakan kepentingan negara dan sumber pendapatan negara yang bersifat strategis.

Dalam kaitan ini, lanjut Kapolda, sebagai tindak lanjut nota kesepahaman antara Pertamina dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang penyelenggaraan pengamanan pengusahaan minyak dan gas bumi di lingkungan Pertamina.

"Maka, ditandatangani buku petunjuk lapangan pengamanan sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman dimaksud sehingga akan tercipta kesamaan pola pikir dan pola tindak dalam pengamanan Pertamina Region III Jawa Barat," katanya.

Pengamanan itu, seperti di lokasi terminal bahan bakar minyak, depot LPG, pipa jalur distribusi, dan Kantor Branc Marketing Jawa Barat.

Oleh karena itu, kata Kapolda, dengan ditandatanganinya buku petunjuk lapangan tersebut, diharapkan dapat terjalinnya koordinasi dan kerja sama antara Polda Jabar dan Pertamina secara sinergis dan harmonis dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan Pertamina Marketing Region III.

"Buku petunjuk lapangan ini dapat diaplikasikan dengan baik dalam pelaksanaannya," kata Kapolda Jabar itu menambahkan

(S033/D007)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013