London (ANTARA News) - Chelsea mengonfirmasi salah satu rahasia terburuk di sepak bola Eropa pada Senin, ketika mereka mengungkapkan bahwa mantan pelatih karismatik dan kontroversial Jose Mourinho kembali ke klub itu dengan ikatan kontrak empat tahun.

Orang Portugal berusia 50 tahun itu, yang memimpin Chelsea meraih kesuksesan antara 2004 sampai 2007, menggantikan pelatih sementara Rafael Benitez.

Kembalinya dirinya ke Stamford Bridge telah diantisipasi banyak pihak, dengan berpekan-pekan spekulasi media memuncaki pengakuannya pada televisi Spanyol pada Minggu malam bahwa ia setuju kembali ke London Barat.

"Saya senang dapat menyambut kembali Jose di Chelsea. Kesuksesan berkelanjutan, hasrat, dan ambisinya membuat dia menjadi kandidat yang mengagumkan," kata ketua eksekutif Ron Gourlay pada pernyataan yang dipublikasi situs resmi Chelsea.

"Merupakan tujuan kami untuk menjaga klub tetap melaju untuk mencapai kesuksesan yang lebih hebat di masa yang akan datang, dan Jose merupakan pilihan nomor satu kami yang kami yakini ia adalah pelatih yang tepat untuk melakukannya."

"Ia merupakan dan tetap merupakan sosok yang sangat populer di klub, dan semua orang di sini tidak sabar untuk kembali bekerja dengannya."

Mourinho datang dari Real Madrid, di mana kontrak awalnya sepanjang tiga tahun berakhir sengit menyusul ketidak suksesan mempertahankan gelar liga, tersingkir di semifinal Liga Champions, dan menyingkirkan sejumlah pemain senior termasuk kiper Iker Casillas.

Sebelum bergabung dengan Real, ia menikmati dua musim mengejutkan di Inter Milan yang dipuncaki dengan keberhasilan menyapu bersih trofi-trofi Liga Italia, Piala Italia, dan Liga Champions pada 2010.

Ia adalah salah satu dari empat pelatih yang memenangi Piala Eropa dengan dua klub yang berbeda, setelah sebelumnya sempat mencicipi kejayaan di kompetisi tersebut dengan Porto pada 2004.

Pada periode pertama dirinya melatih Chelsea, Mourinho membawa klub itu menjadi salah satu kekuatan dominan di sepak bola Inggris.

Didukung investasi dari pemilik Rusia Roman Abramovich, Mourinho, memenangi dua gelar Liga Utama Inggris pada 2005 dan 2006, serta meraih dua Piala Liga dan Piala FA pada 2007.

Ia hengkang pada September 2007 setelah hubungannya dengan Abramovich memburuk, namun pasangan ini segera berekonsiliasi dan ia kembali dengan tujuan membuat Chelsea kembali menjadi penantang serius di liga, demikian AFP.
(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013