Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan ada empat provinsi di Indonesia yang paling diminati wisatawan nusantara.

"Ada empat provinsi dengan daya tarik wisata tertinggi yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta," kata Mari Elka di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan masing-masing provinsi memiliki kekhususan dan daya tarik. Jawa Tengah dan Jawa Barat, ujarnya, adalah pusat budaya di Pulau Jawa.

"Sedangkan Jakarta dan Jawa Timur adalah pusat bisnis di Indonesia," katanya.

Menurut dia, selain menjadi daya tarik wisata tertinggi, Jakarta juga menjadi penyumbang pergerakan wisatawan nusantara yang paling efektif.

Provinsi lain yang menjadi pusat pergerakan wisatawan nusantara terbesar di luar Jakarta, yakni Yogyakarta dan Banten.

Wisatawan nusantara, ujar Mari, menjadi kekuatan pariwisata nasional karena kontribusi pengeluarannya terhadap perekonomian nasional cukup signifikan dari tahun ke tahun.

"Pada 2012 jumlah perjalanan wisnus sebesar 245 juta dengan rata-rata pengeluaran Rp700 ribu per orang memberikan kontribusi sebesar Rp171,50 triliun atau dua kali lipat lebih besar dari perolehan devisa wisatawan mancanegara," jelasnya.


Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013