Beijing (ANTARA News) - Hujan lebat diramalkan akan terus mengguyur wilayah China Selatan pada Ahad, tapi dinas meteorologi setempat mengeluarkan peringatan siaga biru, tingkat paling rendah dalam sistem peringatan.

Pusat Meteorologi Nasional (NMC) menyatakan beberapa bagian Zhejiang, Jiangxi, Fujian, Hunan, Guangdong, Guangxi, Yunnan diramalkan menghadapi hujan lebat atau hujan badai dari Ahad sampai Selasa. Sebagian daerah itu diperkirakan menerima curah hujan antara 50 sampai 80 milimeter.

Hujan deras juga diperkirakan mengguyur China Utara dan Timur-laut serta bagian timur Inner Mongolia dari Ahad sampai Selasa, demikian ramalan NMC sebagaimana dilaporkan Xinhua, Minggu.

NMC memperingatkan warga di wilayah China Selatan agar berhati-hati terhadap bencana yang mungkin ditimbulkan oleh hujan sangat lebat, termasuk genangan air di kota, banjir akibat hujan lebat dan tanah longsor.

Pusat peramalan cuaca itu juga mengingatkan siswa dan anggota keluarga mereka agar berhati-hati terhadap dampak besar hujan lebat sementara ujian masuk perguruan tinggi nasional dijadwalkan berlangsung pekan ini.

Chian memiliki sistem peringatan empat warna --merah yang paling serius, lalu diikuti oranye, kuning, dan biru, demikian Xinhua melaporkan.

(C003)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013