Rupiah kembali berada di area positif, kondisi itu diperkirakan karena intervensi Bank Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Rabu sore terapresiasi sebesar 57 poin menyusul penjagaan Bank Indonesia.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore bergerak menguat sebesar 57 poin menjadi Rp9.810 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.867 per dolar AS.

"Rupiah kembali berada di area positif, kondisi itu diperkirakan karena intervensi Bank Indonesia," ujar pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Ruly Nova di Jakarta.

Ia menambahkan intervensi yang dilakukan BI akan menambah kepercayaan pemodal untuk kembali melakukan investasi di dalam negeri.

"BI juga akan menjaga nilai tukar sesuai dengan kondisi fundamental ekonomi domestik," kata dia.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada menambahkan BI juga baru-baru ini telah mengeluarkan kurs referensi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang dinamakan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR). "Kurs referensi itu diperkirakan cukup positif," katanya.

Ia menambahkan pergerakan nilai tukar rupiah juga dengan seiring dengan kembali menguatnya nilai tukar yen Jepang terhadap sejumlah mata uang.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari Rabu ini, tercatat mata uang rupiah bergerak mendatar atau stagnan di posisi Rp9.810 per dolar AS.
(KR-ZMF/N002)

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013