...laba bersihnya setahun penuh meningkat lebih dari tiga kali lipat.
Tokyo (ANTARA News) - Toyota telah melaju cepat melewati Samsung Electronics dari Korea Selatan menjadi perusahaan terbesar di Asia berdasarkan nilai pasar, setelah harga saham produsen mobil Jepang itu naik dua kali lipat.

Kapitalisasi pasar Toyota mencapai 22,23 triliun yen (217 miliar dolar AS) pada Kamis, mengalahkan produsen raksasa telepon pintar (smartphone) Galaxy dan komputer tablet Korsel yang setara dengan 20,32 triliun yen.

Toyota, yang juga merupakan pembuat mobil terbesar dunia, telah melihat sahamnya melompat didukung meningkatnya hasil keuangan. Pembuat mobil Corolla dan Camry ini pada pekan lalu mengatakan laba bersihnya setahun penuh meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Samsung menyalip raksasa Jepang dalam daftar nilai pasar pada 2011, menurut harian bisnis terkemuka Nikkei, ketika konglomerat Korea Selatan itu mencatat keuntungan besar dalam pertempuran globalnya dengan Apple--saingannya dari AS.

Saham Toyota yang tercatat di Bursa Efek Tokyo (TSE) ditutup di 6.450 yen pada Kamis, lebih dari dua kali lipat harga penutupan setahun sebelumnya pada 3.165 yen.

Sementara saham Samsung ditutup pada 1,508 juta won (1,35 dolar AS) pada Kamis, demikian dikutip dari AFP.
(A026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013