London (ANTARA News) - Kapten Aston Villa Stiliyan Petrov, yang didiagnosa menderita leukemia akut pada tahun lalu, mengumumkan pensiunnya pada Kamis.

Gelandang Bulgaria itu, yang leukemianya berkurang setelah menjalani perawatan, mengatakan bahwa dirinya akan memfokuskan diri membantu orang-orang yang menderita penyakit serupa dengan membentuk yayasan.

"Dengan berat hati saya mengumumkan pengunduran diri saya dari permainan ini," kata pemain 33 tahun itu, yang akan tetap menjalani proses pengobatan selama dua tahun, dalam pernyataan di situs resmi klub (www.avfc.co.uk).

"Bahwa saya telah siap untuk menghadapi tantangan baru akan membuat proses ini menjadi lebih mudah. Sejak didiagnosa mengalami leukemia akut pada Maret 2012, saya telah memahami dan mengapresiasi cara penyakit ini mempengaruhi kehidupan."

"Saya dapat membantu dan saya ingin membantu... Saya berharap dapat membuat perbedaan."

Petrov, yang mengatakan awalnya ia berpikir penyakitnya hanya merupakan flu biasa, berterima kasih kepada keluarga serta pendukung klub dan staf untuk dukungan mereka selama beberapa tahun terakhir.

Ia beberapa kali hadir di Villa Park pada musim ini, menerima tepuk tangan pada menit ke-19 di sejumlah pertandingan. Dulu ia mengenakan kostum bernomor punggung 19.

Villa terlibat pertarungan di zona degradasi untuk sebagian besar musim ini, namun mereka sekarang telah menanjak ke peringkat ke-13 di klasemen dengan koleksi 40 angka dan meski secara matematis belum tentu selamat dari ancaman degradasi, peluang mereka cukup besar untuk bertahan di Liga Utama Inggris.

Petrov memulai karirnya di CSKA Sofia di kampung halamannya di Bulgaria, sebelum membela klub Skotlandia Celtic dan kemudian pindah ke Aston Villa. Ia tampil sebanyak 105 kali untuk Bulgaria, dan membukukan delapan gol untuk negaranya, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013