... akibat satu drum berisi BBM jatuh dari forklift... "
Jayapura, Papua (ANTARA News) - Chris Wetipo (23) seorang buruh Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, luka bakar ringan muka sebelah kanan terkena sambaran api dari pesawat cargo Nusantara Air yang terbakar di sekitar pukul 11.30 WIT, Rabu.

Kepala Kepolisian Resort Wamena, AKBP Naputipulu, mengatakan, korban pada saat itu sedang membantu petugas bandara menurunkan drum yang berisikan BBM dengan menggunakan forklift dari pesawat yang terbakar tersebut.

"Selain Chris, kopilot pesawat Nusantara Air, Vincensius Perkasa, juga terkilir pada lutut kiri bagian bawah ketika hendak lompat menyelamatkan diri dari ledakan pesawat yang terbakar," katanya, ketika dihubungi di Jayapura, Rabu.

Lebih lanjut Kapolres, sebelumnya pada pukul 11.45 WIT bertempat di apron II Bandara Wamena Kabupaten Jayawijaya telah terjadi kebakaran pesawat BAE146 2000QT kargo Nusantara (carteran PT Walesi Air) yang dipiloti Kapten Tatang dengan Kopilot Perkasa. 

 "Kebakaran diduga akibat satu drum berisi BBM jatuh dari forklift yang dikendarai petugas bandara ketika hendak menurunkan barang dari pesawat. Ketinggian jatuh sekitar 2,5 meter sehingga menimbulkan percikan api dan menyambar BBM yang tumpah dari drum yang terjatuh," ujarnya.

Bagian tengah hingga ekor pesawat terbang itu hangus terbakar dan api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam kemudian. 

Pewarta: Hendrina Kandipi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013