Saya akan mengakhiri politik faksional... Kami akan membangun DP yang baru, DP yang lebih besar dan DP yang mampu menang,"
Seoul (ANTARA News) - Partai oposisi utama di Korea Selatan memilih pemimpin baru mereka pada Sabtu, dengan tekad untuk mengakhiri pertikaian antar faksi dan bergerak lebih ke kanan menuju kebijakan yang lebih moderat.

Anggota parlemen empat periode Kim Han-Gil (60) terpilih sebagai pemimpin baru Partai Demokratik (DP), yang sebelumnya dikenal sebagai Partai Persatuan Demokratik (DUP), dalam sebuah pemilihan ketua dengan mengalahkan pesaingnya Lee Young-sup.

"Saya akan mengakhiri politik faksional... Kami akan membangun DP yang baru, DP yang lebih besar dan DP yang mampu menang," ujar Kim dalam kata sambutannya yang dikutip AFP.

Sebelumnya pada Sabtu, partai yang berorintasi tengah-kiri tersebut secara resmi mengubah nama mereka menjadi DP dan memperbaiki AD/ART mereka, mengadopsi kebijakan yang lebih moderat.

Partai oposisi liberal tersebut telah menderita beberapa kali kekalahan dalam pemilihan umum, termasuk pemilihan presiden pada Desember tahun lalu.

Kim merupakan anggota perwakilan kecil dari DP di parlemen, yang didominasi loyalis mantan presiden Roh Moo-Hyun.

DP mengalami perpecahan semenjak kekalahan kandidat presiden mereka Moon Jae-In dari calon Partai Barisan Baru (NFP) yang lebih konservatif, Park Geun-Hye dalam pengambilan suara bulan Desember 2012.

Mereka juga gagal mendapatkan satu kursi pun dalam pemilihan parlemen nasional dan parlemen lokal bulan lalu. (G006/H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013