Kami harus berusaha sekuat tenaga tampil lebih baik dari Bayern, salah satunya mampu mencetak gol lebih dulu. Kami perlu dukungan sepenuhnya dari para pendukung setia
Madrid (ANTARA News) - Hanya ada satu membuncah di kamus pasukan Barcelona, yakni libas! Lima gol perlu dilesakkan oleh seluruh punggawa Blaugrana ke gawang Bayern Muenchen supaya dewi Fortuna menebar karpet merah bagi pasukan Matador ke gerbang final di Stadion Wembley.

Menang 5-0, karena matador dari Barca terluka dengan keok 0-4 dalam laga leg pertama di Fussball Arena Muenchen pada Selasa (23/4). Empat gol tanpa balas merobek jala penjaga gawang Victor Valdes. Dan saatnya membulatkan asa.

Saatnya membalas, saatnya membuat perhitungan bahwa sepak bola menyimpan asa dendam bagi mereka yang telah berucap, "kami siap maju, bertarung, dan menang".

Barcelona akan menjamu Bayern Muenchen dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions yang digelar pada Kamis dinihari WIB.

Tidak ingin minta belas kasihan lawan sambil menyediakan diri menjadi hamba sahaya, maka saatnya Lionel Messi cs. mengajak seluruh penonton di stadion Camp Nou untuk mengenang bahwa tidak ada kata mustahil bagi sebuah cita-cita. Gempur dan buat porak poranda pertahanan Muenchen. Ini misi lima gol.

Apakah memang kata tim favorit pantas tersemat di dada kemudian menjejali pasukan Blaugrana untuk melibas pasukan Muenchen?

Soalnya sekarang, drama empat gol dalam leg pertama menjadi duri dalam daging. Meminjam istilah ekonomi, Barcelona diterpa defisit empat gol.

Di mata pengamat bola, Muenchen bermodal kecepatan dan kekuatan di laga leg pertama. Dan Barcelona menuai tanya, inikah akhir sebuah drama digdaya dari tiki-taka? Ada asa di benak tim jagoan dari Bundesliga bahwa, Jerman layak "menguasai" sepak bola Benua Biru.

Statistik angkat bicara, bahwa sepanjang musim ini, El Barca telah memainkan 14 laga krusial, tetapi mereka hanya mendulang tiga kemenangan, mengalahkah Madrid di Piala Super Spanyol, Spartak Moskow, dan menundukkan AC Milan di Liga Champions.

Sejak semifinal Liga Champions musim lalu, Barca kalah dari tim-tim besar, sebut saja Chelsea dan Barcelona.

Mata terarah kepada Messi yang berjuluk La Pulga. Di leg pertama, ia tidak berdaya menembus barikade Muenchen. Sinarnya tidak benderang, karena ia belum pulih benar dari cedera. Di leg kedua, peran Messi sungguh diharapkan. Ia telah mencetak 54 gol dalam 45 pertandingan di musim ini.

Hanya dengan kecepatan luar biasa, tembok Muenchen bakal runtuh. Syaratnya? Para pemain Barca mencetak gol lebih dulu ke gawang Muenchen, kata pemain Majorca, Walter Pandiani. "Mencetak gol lebih dulu dapat meningkatkan kepercayaan diri para pemain," kata pemain berusia 37 tahun itu sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Jika anda tidak mencetak gol lebih dulu di babak pertama, anda menemui kesulitan. Dengan bermodal satu gol, semangat dan pikiran pemain terpompa untuk tampil habis-habisan di menit-menit selanjutnya," katanya.

Lagi-lagi harapan bertumpu kepada Messi yang baru saja pulih dari cedera hamstring. Pemain asal Argentina itu semakin fit bersiap turun melawan Muenchen untuk mewujudkan misi lima gol Barcelona.

Barca tidak perlu berkecil hati. Lima gol yang dicetak Messi ke gawang Bayer Leverkusen (skor 7-1) di babak 16 besar serentak menjadi rekor di ajang Liga Champions.

Sementara rekor laga tandang Muenchen ke Spanyol adalah lima kali menang, lima imbang, dan 10 kali kalah. Kosok balik, Barca memenangi sepuluh laga kandang terakhir melawan tim asal Jerman.

Komentar dua pelatih:

Tito Vilanova (Barcelona):
"Kami perlu mencetak gol seraya bermain apik. Jika kami kebobolan, maka kami bakal lebih sulit. Para pemain menyadari dan mengetahui tanggungjawab itu. Kamilah tim Barcelona dan kami tidak boleh menyerah. Kami perlu berjuang sampai akhir dan membuat para pendukung bangga."

"Kami tidak akan memfokuskan diri semata mencetak gol. Kami mencetak gol dengan menyajikan sepak bola apik. Kami harus berusaha sekuat tenaga tampil lebih baik dari Bayern, salah satunya mampu mencetak gol lebih dulu. Kami perlu dukungan sepenuhnya dari para pendukung setia."

"Bayern bagi para pendukungnya adalah segalanya. Kemenangan tempo hari membuat para pendukung bergembira. Kami harus memberi sesuatu yang bermakna bagi para pendukung."

"Kami tahu betapa pentingnya peran Messi. Ia diharapkan dapat mencetak  gol. Ia tampil baik, maka tim juga tampil baik. Tim memang sedang menghadapi situasi sulit. Jika saja kami gagal, maka kami harus lebih dulu tampil habis-habisan sebagaimana sudah kami tunjukkan dalam laga-laga sebelumnya."

Jupp Heynckes (Bayern Muenchen):

"Saya harus mengatakan bahwa Barcelona masih menjadi tim terbaik di dunia, karena itu kami perlu menyiapkan diri sebaik mungkin. Mereka telah mampu membuat kejutan luar biasa jika bertanding di Camp Nou. Kami perlu mewaspadai hal ini."

"Kami akan tampil seperti laga pertama di Muenchen, dengan menyerang dan mencetak gol. Kami bukan tim yang defensif, meski kami juga perlu membangun pertahanan yang solid."

"Kami tidak akan berpikir skenario negatif. Kami perlu memupuk optimisme manakala melakoni setiap laga. Saya akan menjelaskan segala hal secara rinci kepada para pemai. Saya bukan tipe orang yang suka berpikir negatif. Saya percaya penuh kepada para pemain. Mereka akan memberi yang memang mereka miliki, utamanya mereka termotivasi lolos ke final."

"Barcelona menampilkan permainan tempo tinggi selama beberapa tahun ini. Mereka tim yang berkelas, dengan pemain hebat salah satunya Messi, sekarang dengan pelatih anyar. Semuanya itu membuat mereka tampil luar biasa. Messi pesepakbola terbaik di dunia. Talentanya luar biasa."

"Saya mendaulat seluruh pemain agar membulatkan mental ketika tampil di Camp Nou yang spektakuler".

Prakiraan susunan pemain:     
    
Barcelona (4-3-3):
1-Victor Valdes (penjaga gawang); 2-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 21-Adriano; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 17-Pedro, 10-Lionel Messi, 7-David Villa

Bayern Muenchen (4-2-3-1):
1-Manuel Neuer (penjaga gawang); 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 4-Dante, 27-David Alaba; 31-Bastian Schweinsteiger, 8-Javi Martinez; 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller, 7-Franck Ribery; 9-Mario Mandzukic

Wasit: Damir Skomina (Slovenia)
 
Prediksi hasil pertandingan:

Barcelona imbang FC Bayern Muenchen (26,3 persen-67 persen)

Prediksi tiga besar menurut situs Goal.com

* Barcelona 5-0 FC Bayern München (27,58 persen)
* Barcelona 1-2 FC Bayern München (  6,84 persen)
* Barcelona 3-1 FC Bayern München (  6,18 persen)

Head to Head

UEFA Champions League ‎(UCL)‎     23 Apr 2013     FC Bayern München 4 - Barcelona 0     
Club Friendlies ‎(FR)‎     27 Jul 2011     Barcelona 2 - FC Bayern München 0     
UEFA Champions League ‎(UCL)‎     14 Apr 2009     FC Bayern München 1 - Barcelona 1     
UEFA Champions League ‎(UCL)‎     8 Apr 2009     Barcelona 4 - FC Bayern München 0     
Club Friendlies ‎(FR)‎     15 Aug 2007     FC Bayern München 0 - Barcelona 1     

Lima pertandingan terakhir

Barcelona
27 Apr 2013    Athletic de Bilbao 2 - Barcelona 2    LIGA
23 Apr 2013    FC Bayern München 4 - Barcelona 0    UCL
20 Apr 2013    Barcelona 1 - Levante UD 0    LIGA
14 Apr 2013    Zaragoza 0 - Barcelona 3    LIGA
10 Apr 2013    Barcelona 1 - Paris St. Germain (PSG) 1    UCL

FC Bayern Muenchen
27 Apr 2013    FC Bayern München 1 - SC Freiburg 0    GER1
23 Apr 2013    FC Bayern München 4 - Barcelona 0    UCL
20 Apr 2013    Hannover 96 1 - FC Bayern München 6    GER1
16 Apr 2013    FC Bayern München 6 - VfL Wolfsburg 1    GERC
13 Apr 2013    FC Bayern München 4 - 1. FC Nürnberg 0    GER1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013