Dortmund berjuang keras untuk pertahankan Lewandowski

  • Jumat, 26 April 2013 06:20 WIB
Dortmund berjuang keras untuk pertahankan Lewandowski
Robert Lewandowski (Reuters)
Dortmund (ANTARA News) - Empat golnya di Liga Champions saat menghancurkan Real Madrid dan kontrak yang akan berakhir membuat penyerang Robert Lewandowski menjadi incaran klub-klub papan atas Eropa. Namun Borussia Dortmund bersumpah untuk mempertahankan bintang asal Polandia mereka itu.

Rekornya saat menghadapi Real di Signal Iduna Park ketika timnya menang 4-1 pada pertandingan pertama Liga Champions, Rabu, membuat dirinya menjadi pemain pertama yang mencetak empat gol di semifinal Liga Champions dan membawa Dortmund berada di ambang final Eropa pertama mereka sejak 1997.

Kontrak pemain 24 tahun ini di Dortmund akan habis pada Juni 2014 dan ia telah mengatakan bahwa dirinya tidak akan menandatangani perpanjangan kontrak, setelah bergabung dengan Borussia pada 2010. Penasehatnya, Maik Barthel, mengatakan Lewandowski akan pergi pada Juni.

"Kami memiliki kesepakatan dengan klub dan memiliki hak untuk mengubahnya pada musim panas ini," kata Barthel kepada Sport Bild Online seperti diberitakan AFP.

"Terdapat tawaran yang sangat menarik untuk Robert, yang sesuai dengan kewajiban-kewajiban yang diterapkan BVB untuk memenuhi permintaan-permintaan Robert."

Manajer Lewandowski, Cezary Kucharski, telah berkata kepada televisi Polandia bahwa sang penyerang akan segera "bermain di klub yang lebih besar,".

Namun ketua eksekutif Dortmund Hann-Joachim Watzke menepis laporan yang menyebutkan terdapat kesepakatan untuk membiarkan bintang Polandia itu hengkang pada akhir musim.

"Tidak, itu tidak benar," kata Watzke kepada kantor berita olahraga Jerman SID, anak cabang AFP. Kontrak tahun terakhir Lewandowski dilaporkan bernilai sebesar 20 juta euro.

"Kami akan mendiskusikan semuanya dengan Robert."

Watzke mengatakan kepada harian Jerman Bild bahwa ia telah menyodorkan tawaran baru kepada Lewandowski pada pekan lalu.

"Memang benar bahwa kami telah berbicara mengenai kemungkinan-kemungkinan baru. Akan menjadi ceroboh jika kami tidak berusaha untuk mempertahankan pemain yang kemungkinan merupakan penyerang terbaik di Eropa," kata petinggi Dortmund itu.

"Jika Robert benar-benar mendapat tawaran dari klub Liga Jerman, maka saya akan berharap mereka berbicara kepada kami, bukan kepada sang pemain."

"Untuk hari ini, kami tidak menerima tawaran. Ia memiliki kontrak dengan kami sampai 2014 dengan tidak adanya klausa hengkang."

"Hasrat eksplisit kami adalah ia bertahan dan bermain untuk kami setidaknya sampai 2014."

Lewandowski sendiri tidak mau berkomentar banyak mengenai masalah itu.

"Kami masih memiliki beberapa pertandingan Liga Jerman yang tersisa dan mudah-mudahan dua pertandingan di Liga Champions," ujarnya.

"Itulah yang terpenting. Untuk hal-hal lain kita harus menunggu. Saya tidak akan berkomentar lebih jauh."

Seandainya ia benar-benar pergi, Dortmund harus bekerja keras untuk mendapatkan pengganti terhadap sosok yang mencetak 34 gol pada musim ini.

Catatan itu termasuk 23 gol di Liga Jerman musim ini, di mana bintang Polandia itu selalu mencetak gol pada 12 pertandingan terakhirnya di liga, menorehkan rekor baru di klub, dan ia sekarang telah mengoleksi sepuluh gol di Liga Champions.

Penerjemah: Rauf Andar Adipati

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait