Makassar (ANTARA News) - Lembar soal dan jawaban Ujian Nasional (UN) 2013 sudah didistribusikan di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan sejak Rabu 10 April 2013.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Abdullah Jabbar, di Makassar Kamis mengatakan, distribusi dimulai ke beberapa daerah terjauh seperti Kabupaten Selayar, Pangkajene dan Kepulauan serta Luwu, Luwu Utara dan Timur.

Sebanyak 429.091 siswa sekolah yang tersebar di 24 kabupaten dan kota di Provinsi Sulsel akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 15 April 2013.

Jumlah tersebut sudah termasuk seluruh siswa di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan sederajat serta Sekolah Luar Biasa (SLB).

Khusus peserta UN tingkat SMA termasuk paket C jumlahnya sebanyak 113.941 siswa. Ujian bagi siswa paket C, waktu pelaksanaannya pada sore hari terpisah dengan ujian siswa SMA reguler yang digelar pagi hari.

Universitas Hasanuddin (Unhas) bertanggung jawab mengawasi proses distribusi mulai dari kedatangan soal, penyimpanan di gudang hingga ke panitia penyelenggara di sekolah.

Proses distribusi, lanjutnya, tidak lepas dari pengawasan kepolisian daerah dan dinas pendidikan provinsi sebagai penyelenggara.

Pada pelaksanaan ujian, setiap peserta dalam satu ruangan ujian akan diberikan lembaran soal yang berbeda. Kemudian, lembaran jawaban pun sangat terkait dengan lembaran soal.

Pewarta: Riesmawan Yudhatama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013