Ini merupakan hari bersejarah di mana kami memenangi pertandingan di Asia. Saya merasa seperti kami dapat menembus (putaran fase gugur) babak selanjutnya,"
Singapura (ANTARA News) - Klub Jepang Vegalta Sendai mengejutkan FC Seoul dengan meraih kemenangan perdana mereka di Liga Champions AFC pada Selasa, ketika mereka menghidupkan harapan-harapan untuk mencapai fase gugur dalam musim debutnya.

Mantan pemain internasional Jepang Atsushi Yanagisawa menanduk bola untuk menjadi satu-satunya gol pada menit ke-16, ketika Sendai menghindari tersingkir lebih awal di Seoul dan mendekati pemuncak klasemen Grup E dengan dua angka, dengan dua pertandingan yang belum dimainkan.

"Ini merupakan hari bersejarah di mana kami memenangi pertandingan di Asia. Saya merasa seperti kami dapat menembus (putaran fase gugur) babak selanjutnya," kata pelatih Sendai Makoto Teguramori seperti dilansir AFP.

Namun aksi heroik Sendai diimbangi oleh tim Thailand Buriram United, yang sekarang memiliki koleksi nilai yang sama dengan klub Jepang itu setelah mereka menaklukkan wakil China Jiangsu Sainty 2-0 di kandang sendiri.

Di tempat lain, juara Liga Jepang Sanfrecce Hiroshima mendapatkan nilai pertama mereka saat bermain imbang 1-1 dengan Pohang Steelers, yang menyelamatkan mereka dari tersingkir lebih awal. Masih di Grup G, klub Uzbekistan Bunyodkor menaklukkan Beijing Guoan 1-0 untuk unggul dua angka bersih.

Di Stadion Sendai, penyerang Brazil yang membela tuan rumah Wilson melepaskan sepakan yang membentur mistar gawang pada menit kedelapan, namun Yanagisawa yang membuat para pendukung tuan rumah bergembira ketika ia menanduk tendangan penjuru Ryang Yong Gi.

Seoul nyaris menyamakan kedudukan pada babak kedua ketika upaya Dejan Damjanovic mengenai mistar gawang, sedangkan tembakan mauricio Molina dapat diselamatkan dan tandukan Kim Ju Young melebar.

Di Buriram, didukung oleh para pendukung mereka yang ramai, tuan rumah unggul pada babak pertama melalui Suchao Nutnum, dan Charyl Chappuis menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-60 ketika ia menyambar bola di belakang pertahanan dari Kai Hirano.

Namun pemain kegembiraan pemain kelahiran Swiss itu tidak berlangsung lama, ketika ia mengalami cedera lutut kanan saat merayakan golnya dan harus ditarik keluar dari lapangan.

Di Grup G, Naoki Ishihara memicu harapan-harapan untuk kemenangan Sanfrecce ketika ia mencetak gol pada menit ke-62, namun keungguln tersebut dengan cepat dibatalkan gol Hwang Jin Sung untuk Pohang lima menit kemudian.

Di antara pertandingan-pertandingan Rabu malam, klub Arab Saudi Al Ahli hanya memerlukan hasil imbang melawan tim Iran Sepahan untuk mencapai fase gugur, setelah memenangi ketiga pertandingan mereka sejauh ini.

Tim Arab Saudi lainnya, Al Shahab, juga dapat lolos jika mereka mengalahkan Tractorsazi dan Al Jazira gagal mengalahkan El Jaish di Grup A. Klub Uni Emirat Arab Al Nasr dan Al JAzira keduanya menghadapi peluang tereliminasi.

Dua tim teratas dari delapan grup akan bertemu pada babak 16 besar yang berlangsung bulan depan, di mana mereka akan bermain kandang dan tandang. Kompetisi ini kemudian diliburkan untuk menghindari musim panas Timur Tengah yang ganas, sebelum melanjutkan fase perempat final pada Agustus. (H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013