Indonesia mempunyai hubungan diplomatik dengan kedua negara dan terus memantau situasi yang terjadi untuk kemudian akan mengambil peran dialogis yang damai.
Manado (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Edy Pratomo, mengatakan ketegangan antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) dapat diselesaikan melalui diplomasi.

"Diplomasi memainkan peranan penting untuk menyelesaikan ketegangan dua negara ini," kata dubes Pratomo saat memberikan keterangan pers pada pembukaan The Indonesia-Germany Interfaith Dialogue III, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan, Indonesia mempunyai hubungan diplomatik dengan kedua negara dan terus memantau situasi yang terjadi untuk kemudian akan mengambil peran dialogis yang damai.

"Indonesia adalah sebuah negara yang cinta damai. Kita punya hubungan diplomatik dengan mereka. Kami mengharapkan akan tercipta dialog yang damai yang dapat meredakan situasi," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Informasi dan Diplomasi Kemenlu Jerman, Heinrich Kreft, mengatakan Jerman ikut prihatin dengan persoalan bilateral Korut dan Korsel.

"Saya percaya kekhawatiran lebih kuat ke Asia. Begitupun dengan Indonesia yag lebih dekat dengan kedua negara," katanya.

Ia menambahkan, Jerman akan selalu melihat semua persoalan dan mencoba untuk mengerti.

"Kami sangat mempercayai bahwa China akan memiliki peran positif untuk menyelesaikan persoalan ini. Begitupun dengan Indonesia," harapnya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013