Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan Jumat (4/8), mulai dari Presiden RI Joko Widodo memastikan pemilihan penjabat (Pj) gubernur di seluruh Indonesia transparan hingga Puan Maharani tanggapi kunjungan Prabowo Subianto ke PSI.

Berikut berita bidang politik kemarin yang dirangkum LKBN ANTARA.

1. Menpan RB: Reformulasi seleksi PPPK bentuk afirmasi kepada honorer

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB ) Abdullah Azwar Anas mengatakan reformulasi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) teknis adalah bentuk afirmasi yang diberikan pemerintah kepada peserta eks tenaga non-ASN atau honorer yang telah mengabdi selama ini.

“Setiap kebijakan yang dikeluarkan mempertimbangkan berbagai aspek yang komprehensif dan diharapkan berdampak tepat kepada seluruh pihak, tentu belum bisa menyenangkan semua pihak,” kata Azwar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

2. Pegiat Pemilu ajak K-popers untuk menyosialisasikan Pemilu 2024

Pegiat Pemilu Wahidah Suaib ingin mengajak para K-popers atau penggemar Korean Pop dalam menyosialisasikan Pemilu 2024.

Menurut dia, para K-popers memiliki kekuatan tagar di media sosial dan juga mampu membuat tren mengenai artisnya.

"Kekuatan the power of hastag itu penting dilihat oleh Bawaslu RI sebagai sebuah peluang begitu," kata Ida dalam Media Gathering Bawaslu Tahun 2023 di Caldera Adventure Rafting and Resort Sukabumi, Jawa Barat, Jumat.

Selengkapnya di sini.

3. Menteri ATR: 34.000 ha tanah di IKN sudah berkepastian hukum

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyatakan sebanyak 34.000 hektare (ha) atau tepatnya 34.035,73 ha tanah di ibu Kota Nusantara (IKN) telah memiliki kepastian hukum menjadi milik IKN.

"Tanah Seluas 34.035,73 ha tersebut telah memiliki sertifikat hak pengelolaan lahan (HPL) dan telah diserahkan kepada Badan Otorita IKN (OIKN)," kata Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto melalui rilis yang dikirim Tim Komunikasi OIKN di Samarinda, Jumat.

Selengkapnya di sini.

4. Puan nilai positif kunjungan Prabowo ke PSI

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menilai positif kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menyambangi DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jakarta, Rabu (2/8).

"Menurut kami silaturahmi yang dilakukan oleh Pak Prabowo kepada PSI itu suatu hal yang sangat positif," kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

5. Presiden Jokowi pastikan pemilihan penjabat gubernur transparan

Presiden Joko Widodo menjanjikan proses pemilihan penjabat gubernur berbagai daerah di Indonesia akan berlangsung transparan.

"Apanya yang nggak akuntabel? Apanya yang nggak transparan? 'Wong' masukannya dari bawah semua, kan dari daerah," kata Presiden Joko Widodo di di gerbang tol Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023