Kalau setiap tahun ada 20 profesor, kan berarti dikali empat jadi 80 (orang). Saat ini (Unissula, red.) sudah ada 48 profesor, kan sudah lebih dari target ya
Semarang (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Prof. Gunarto optimistis perguruan tinggi yang dipimpinnya bisa mencapai target memiliki sebanyak 100 profesor pada 2027.

"Target kami 100 profesor pada 2027. Sekarang kami punya 48 profesor," katanya usai penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kerja sama dengan Darul Hadist, Tarim, Yaman, di Semarang, Rabu.

Guru Besar Fakultas Hukum Unissula itu berharap setidaknya ada penambahan 20 guru besar setiap tahun, sehingga target 100 profesor pada empat tahun lagi akan tercapai.

"Kalau setiap tahun ada 20 profesor, kan berarti dikali empat jadi 80 (orang). Saat ini (Unissula, red.) sudah ada 48 profesor, kan sudah lebih dari target ya," katanya.

Baca juga: UT kukuhkan tiga dosen perempuan sebagai guru besar

Keberadaan guru besar sebagai pencapaian gelar tertinggi akademik berperan mendukung perguruan tinggi tersebut menjadi besar, sehingga Unissula untuk mendorong para dosen menjadi guru besar.

Dengan berbagai inovasi dan pengembangan yang dilakukan, ia berharap, Unissula bisa semakin naik peringkatnya dari perankingan Webometrics, yakni masuk 10 besar pada 2027.

"Saat ini, Unissula di Webometrics kan masih (peringkat) 45. Kami ingin di 2027 nanti naik jadi peringkat 10.

Baca juga: Guru Besar FEB UI minta akuntan pahami keberlanjutan secara utuh

Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) yang menaungi Unissula Tjuk Subchan Sulchan mengapresiasi dan berharap target 100 profesor tersebut tercapai pada 2027.

Ia berharap, para pimpinan di masing-masing fakultas Unissula juga bisa terus menyemangati para tenaga pengajarnya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Setiap ada hasil unggulan, doktor, atau profesor bermunculan, saya viralkan. Dalam waktu cepat, kami berharap Unissula semakin berkembang pesat. Mudah-mudahan target 2027 tercapai," katanya.

Baca juga: Guru Besar FT UI telaah antisipasi kecelakaan teknologi industri

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023