Surabaya (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Surabaya dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai meraih penghargaan pada ajang Energy and Mining Editor Society (E2S) Proving League 2023.

"Integrated Terminal Surabaya berhasil menyabet penghargaan Platinum untuk kategori Sustainability Program dalam program Kampung Wisata Ekoriparian Geblak Jambangan," kata Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi dalam keterangannya di Surabaya, Selasa.

Program yang sudah memasuki tahun kelima pembinaan ini mengusung Program Gerakan Balik Kanan (GeBlak) yang mengubah sungai yang tadinya merupakan halaman belakang warga, diubah menjadi halaman depan dengan dihiasi taman edukasi, aneka satwa peliharaan dengan mengusung konsep ecoriparian, untuk wisata air di sepanjang bantaran Sungai Jambangan.

Setelah lima tahun berjalan, saat ini sudah terbentuk program peningkatan ekonomi dengan pengembangan UMKM diantaranya Green Café Geblak, UKM Pejabat, UKM Simama, Sekolah Aliran Sungai, Bank Sampah Girly, Bank Jelantah Jelita.

Ahad menjelaskan program Kampung Wisata Ekoriparian Geblak Jambangan dan Eco Religion Waste Management System Desa Adat Kedonganan merupakan dua dari sekian banyak program unggulan yang telah dilaksanakan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus.

"Melalui program ini akan dapat menambah pengetahuan dan sinergitas antarperusahaan, masyarakat dan pemerintah setempat dan pada akhirnya program-program giat lingkungan dan berkelanjutan ini dapat memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat di sekitar lokasi program," ucapnya.

Ahad juga memaparkan pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program CSR terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

"Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami, khususnya PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Surabaya dan DPPU Ngurah Rai untuk terus melaksanakan program-program TJSL yang berdampak baik bagi internal, perusahaan dan masyarakat," katanya.

Ahad juga mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia E2S selaku pihak penyelenggara dan jajaran pemerintah daerah terkait, lembaga sosial kemasyarakatan serta kelompok masyarakat yang terus berdampingan bersama Pertamina dalam upaya mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.


Baca juga: Pertamina Patra Niaga tambah pasokan LPG 3 kg hingga 700 ribu tabung
Baca juga: Transaksi MyPertamina di Babel bukukan Rp1,48 miliar
Baca juga: Pertamina Patra Niaga lihat transisi energi peluang perluas layanan

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023