... perahu yang dipenuhi 150 orang mengirim tanda bahaya... "
Roma (ANTARA News) - Penjaga pantai Italia, Jumat (29/3), mengatakan, mereka telah mencegat hampir 700 imigran, kebanyakan dari Afrika, yang berusha memasuki negeri tersebut dengan naik 10 perahu yang terbuat dari papan tipis dan rapuh.

Satu perahu yang dipenuhi 150 orang mengirim tanda bahaya sekitar 80 mil di lepas pantai pulau kecil dekat Sicilia, Lampedusa, Jumat sore, kata penjaga pantai.

Petugas layanan darurat dikirim untuk menyelamatkan mereka dan 70 orang lagi yang naik perahu karet tak jauh dari mereka. Semua perahu lain dihentikan selama dua hari belakangan.

Pantai Italia adalah tujuan umum bagi pendatang dari Sub-Sahara Afrika dan Afrika Utara, kata Reuters, Sabtu pagi.

Ribuan imigran telah tewas selama pelayaran penuh bahaya menyeberangi Laut Tengah akibat perahu mereka karam, cuaca buruk dan kekurangan makanan dan air, kata beberapa pegiat.

"Dengan musim semi dan selanjutnya peningkatan kondisi cuaca, upaya para pendatang untuk mencapai pantai Italia telah meningkat tajam," kata penjaga pantai dalam satu pernyataan.

Satu perahu karet sepanjang 15 meter yang membawa 98 orang dari Sub-Sahara Afrika dicegat 96 mil di lepas pantai Lampedusa, pada Kamis, kata seorang penjaga pantai.

(C003)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013