Beijing (ANTARA) - China akan menyalurkan lebih banyak modal ke sektor-sektor berorientasi inovasi dan ekonomi riil untuk mencapai kemandirian di bidang sains dan teknologi (saintek), menurut bank sentral China, People's Bank of China (PBOC).

Negara itu akan memperdalam reformasi struktural sisi penawaran dari sektor keuangan dan membangun sistem layanan keuangan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pendanaan dari berbagai jenis perusahaan berbasis teknologi, kata Zhang Qingsong, Wakil Gubernur PBOC, dalam konferensi pers pada Kamis (27/7).

Perusahaan-perusahaan semacam itu mencatat ekspansi pinjaman yang cepat pada paruh pertama tahun ini, tunjuk data dari bank tersebut. Selama periode itu, outstanding loan jangka menengah dan panjang dari bisnis-bisnis di industri manufaktur teknologi tinggi mencapai 2,5 triliun yuan (1 yuan = Rp2.102), naik 41,5 persen secara tahunan (year on year). Outstanding loan untuk usaha kecil dan menengah dari sektor sains dan teknologi mencapai 2,36 triliun yuan, naik 25,1 dari setahun sebelumnya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023