Sydney (ANTARA News) - Brett Holman membantu Australia menjaga peluang mereka tetap hidup di kualifikasi Piala Dunia dengan gol tembakan jarak jauh yang membuat kedudukan imbang 2-2 dengan Oman pada pertandingan di Sydney, Selasa.

Oman, yang peringkatnya 66 tingkat di bawah Australia, sebelumnya terlihat akan merebut kemenangan mengejutkan setelah sempat unggul 2-0, tapi kemudian Tim Cahill dan Holman menyelamatkan nilai satu poin bagi Australia dengan gol yang membuat mereka tetap berada di posisi kedua di bawah Jepang dalam klasemen Grup B.

Holman, yang sedikit digunakan oleh klub liga utama Inggris, Aston Villa, musim ini, menyelamatkan Australia dari kekalahan memalukan di kandang sendiri saat dia melesakkan tembakan jarak jauh saat waktu normal tersisa lima menit.

Tapi Australia akan menyesali kegagalan mereka meraih dua poin penting saat mereka berupaya untuk ketiga kalinya tampil di putaran final Piala Dunia di Brazil tahun depan.

Australia hanya meraih satu kemenangan dan enam poin dari lima pertandingan kualifikasi, dan setidaknya harus mempertahankan posisi nomor dua mereka dalam klasemen Grup B dengan sisa tiga pertandingan.

Sementara itu Oman menggeser Irak dan Jordania di posisi ketiga dengan sisa dua pertandingan.

Oman yang menempati peringkat 105 mengguncang Australia dengan gol yang sebenarnya dari serangan pertama mereka pada menit keenam.

Amad Al-Hosni bekerja sama dengan Abdulaziz Al-Miqbali, yang lebih unggul dari pemain belakang Michael Thwaite dan mengalahkan penjaga gawang Mark Schwarzer dari sudut sempit dengan tembakan kaki kirinya.

Ini merupakan gol keempat Al-Miqbali dalam penampilan internasionalnya yang ke-14 dan memberi Oman dorongan semangat melawan Australia yang tidak diperkuat kapten Lucas Neill.

Pada sebagian besar 45 menit pertama, penjaga gawang Ali Al-Habsi, yang bermain bagi klub Wigan Athletic, tidak berbuat banyak kecuali meredakan tembakan dari Holman.

Pemain belakang Saad Al-Mukhaini mendapat kartu kuning pertama dalam pertandingan itu karena melakukan pelanggaran pada pemain klub Fortuna Dusseldorf, Robbie Kruse, pada menit ke-35.

Pemain belakang Robert Cornthwaite juga mendapat kartu kuning karena pelanggaran pada pencetak gol Al-Miqbali beberapa menit setelah pertandingan dilanjutkan.

Malam bertambah buruk bagi Australia saat gelandang Crystal Palace Mile Jedinak melakukan gol bunuh diri pada menit ke-49 dari sebuah umpan silang Raed Ibrahim.

Tertinggal dua gol, Australia membalas melalui Cahill dengan gol internasionalnya yang ke-27 tiga menit kemudian.

Cahill mengungguli Al-Mukhaini saat melompat untuk menyundul bola ke gawang dari tembakan pojok Luke Wilkshire.

Cahill kembali memaksa Al-Habsi untuk melakukan penyelamatan dari sundulan menyambut tembakan pojok lagi pada menit ke-16.

Marco Bresciano hanya menghabiskan 20 menit sebagai pemain pengganti sebelum cedera lutut dan digantikan oleh pemain yang bermai di Belanda Tommy Oar pada menit ke-76.

Cahill mendapat peluang dari sundulan lagi ketika menyambut sepak pojok namun melambung di atas mistar gawang.

Holman akhirnya menyelamatkan Australia saat dia melesakkan tembakan dari luar kotak penalti untuk mengatasi Al-Habsi saat waktu normal pertandingan tersisa lima menit.

Saat "injury time" Cahill kembali mendapat peluang dengan sebuah sundulan tapi bisa dimentahkan oleh Al-Habsi, demikian AFP.

(I015/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013