Saya sudah instrusikan kepada pihak terkait mungkin untuk sementara warga sekitar yang selamat bisa disewakan rumah, lalu ke depannya kita cari lokasi yang aman,"
Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau langsung lokasi longsor di Kampung Nagrog RT04/07 Desa Mukapayung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin.

"Saya atas nama Pemprov Jabar turut berbela sungkawa atas musibah longsor ini. Dan saya berharap bagi keluarga yang ditinggalkan agar tetap bersabar dan diberikan ketabahan," kata Ahmad Heryawan, di lokasi kejadian.

Ia menuturkan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada BPBD Jawa Barat dan Pemkab Kabupaten Bandung Barat agar segera mengurus warga sekitar yang selamat dari musibah longsor tersebut.

"Saya sudah instrusikan kepada pihak terkait mungkin untuk sementara warga sekitar yang selamat bisa disewakan rumah, lalu ke depannya kita cari lokasi yang aman," kata Heryawan.

Selain itu, kata dia, untuk langkah awal lainnya bagi para korban pihaknya juga telah menginstruksikan dinas terkait untuk segera mendirikan posko kesehatan.

"Posko kesehatan, bantuan logistik seperti beras, lauk-pauk sudah disiapkan," katanya.

Ketika ditanyakan berapa jumlah dana relokasi yang disiapkan untuk warga selamat, Heryawan belum bisa memastikan jumlahnya berapa.

Namun, kata Heryawan, begitu diketahui rinciannya dana tersebut sudah siap untuk dikucurkan.

"Kalau nanya nominal kita belum tahu, karena kejadiannya baru kan. Namun kalau kita diminta, tentunya kita sudah siap," ujar Heryawan.

(KR-ASJ/Z003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013