Yogyakarta (ANTARA News) - Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Arista Handayani melakukan riset tentang biologi molekuler pada tanaman Arabidopsis thaliana di Chubu University, Jepang.

"Fokus penelitian yang saya lakukan itu terkait dengan simetri pada daun dan gen apa saja yang berperan pada tanaman tersebut. Arabidopsis thaliana merupakan tanaman dari famili Brassicaceae," kata Arista di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, penelitiannya itu di bawah bimbingan Prof Chiyoko Machida dari Chubu University dan Endang Semiarti dari Fakultas Biologi UGM Yogyakarta.

"Penelitian yang saya lakukan merupakan penelitian murni tentang efek gen pada tanaman. Penelitian itu nanti bisa diterapkan pada jenis tanaman lainnya, misalnya mengenai perubahan bentuk daun dari normal menjadi daun yang berbentuk jarum atau berserabut," katanya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi UGM Budi S. Daryono mengatakan Arista merupakan mahasiswi Fakultas Biologi yang mengikuti program pertukaran pelajar dan "graduation thesis" (skripsi) di Chubu University.

"Hasil penelitian yang dilakukan Arista juga masuk dalam jurnal internasional Plant and Cell Physiology," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013