... mohon maaf atas ketidakberhasilan aparat saya melindungi para korban dalam kejadian tersebut hingga jatuh korban... "
Sleman, Yogyakarta (ANTARA News) - Penyerbuan kelompok bersenjata atas empat tersangka yang ditahan hingga tewas di sel LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu dini hari, membuktikan jajaran Kementerian Hukum dan HAM gagal bertugas dalam tugas pokoknya.

"Saya mohon maaf atas ketidakberhasilan aparat saya melindungi para korban dalam kejadian tersebut hingga jatuh korban," kata Menteri Hukum dan Hak Asazi Manusia, Amir Syamsudin, di LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu.

"Selaku menteri hukum dan HAM, saya menghaturkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban," katanya.

Kelompok penyerangan itu, katanya, telah melakukan perusakan fasilitas negara, menyerang aparatur negara dan melakukan pembunuhan keji.

Dia berharap, aparat penegak hukum, dalam hal ini jajaran Kepolisian Daerah DIY, sesegera mungkin mengusut dan mengungkap pelaku perusakan, penganiayaan aparatur negara dan pembunuhan keji.

"Saya tidak ingin komentar terlalu jauh, saya juga tidak ingin mendistorsi upaya penegak hukum yang sedang dilakukan. Saya hanya menyampaikan kepada pihak berwenang agar serius, transparan dan terbuka karena ini bukan peristiwa sederhana, peristiwa ini pertama kali di Indonesia," katanya.

(V001/A011)

Pewarta: Victorianus S Pranyoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013