Pada pukul 07.08 GMT, indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ekspor bertambah 0,2 persen
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka menguat pada perdagangan Kamis, terangkat kenaikan ekuitas pertambangan dan energi dengan penambang global Anglo American memuncaki indeks setelah melaporkan lonjakan produksi tembaga di paruh pertama.

Pada pukul 07.08 GMT, indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ekspor bertambah 0,2 persen, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri turun 0,1 persen.

Penambang logam industri meningkat 1,9 persen karena harga sebagian besar logam dasar naik. Anglo American menambahkan 3,2 persen setelah penambang global itu mengatakan produksi tembaganya pada semester pertama melonjak 42 persen.

Baca juga: Saham Inggris perpanjang reli, indeks FTSE 100 menguat 1,80 persen

Saham energi kelas berat bertambah 0,8 persen karena harga minyak mentah lebih tinggi.

Pelemahan pound terus mendukung kenaikan FTSE 100 sehari setelah data menunjukkan inflasi domestik berkurang lebih dari yang diantisipasi.

IG Group menambahkan 3,2 persen setelah platform perdagangan daring itu menaikkan dividennya dan mengatakan akan membeli kembali saham setelah mencatat total pendapatan satu miliar pound (1,29 miliar dolar AS) untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Baca juga: Saham Inggris dibuka menguat karena inflasi domestik mendingin tajam

Baca juga: Saham Inggris berakhir menguat, indeks FTSE 100 terkerek 0,64 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023