Stockholm (ANTARA News) - Agnetha Faeltskog, mantan penyanyi dari ABBA grup pop legendaris Swedia, akan merilis album pertamanya dalam kurun waktu sembilan tahun pada Mei, kata perusahaan rekaman seperti dikutip dari laman AFP.

"Saya tidak pernah menyangka akan menyanyi lagi, tapi saat saya mendengar tiga lagu pertama, saya tidak bisa menolak," kata biduanita Swedia yang kerap dideskripsikan media sebagai penyendiri.

"When You Really Love Someone", single pertama dari album "A" sudah tersedia di iTunes dan Spotify pada Senin. Video klipnya pun sudah diunggah di YouTube.

"A" akan dirilis pada 13 Mei, single pertamanya juga ditulis oleh sang biduan. Ada juga lagu berisi duet dengan penyanyi Inggris Gary Barlow dari Take That.

"Saya sudah lama sekali tidak menulis lagu, tapi saat saya duduk di piano, semua terjadi dengan alami," kata penyanyi berusia 62 tahun itu dalam sebuah pernyataan.

Faeltskog juga berkolaborasi dengan penulis lagu dan produser Swedia Joergen Elofsson yang telah membuat lagu-lagu hits untuk penyanyi seperti Britney Spears, Kelly Clarkson, dan Celine Dion.

ABBA dibentuk pada 1970 dan popularitasnya meroket setelah memenangi kontes Eurovision pada 1974.

Band yang telah menjual lebih dari 378 juta kopi itu bubar pada 1982 dan tidak pernah reuni.

Sebuah museum yang didedikasikan untuk ABBA akan dibuka di Stockholm pada musim semi tahun ini.

Sejak bubar lebih dari 30 tahun lalu, para penggemar tidak pernah berhenti berharap agar ABBA kembali bersatu. Namun, sejak kesuksesan "Mamma Mia!" --film musikal bedasarkan lagu hits ABBA-- mantan anggota ABBA Ulvaeus mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah tampil bersama lagi.

"Kami tidak akan tampil di panggung lagi," kata dia pada Daily Telegraph pada 2009, menambahkan bahwa dia ingin para penggemar mengingat ABBA sebagai band yang "muda, bersemangat, penuh energi dan ambisi."
(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013