Itu adalah jalan bergelombang panjang dan keras, tetapi negara besar ini terus memberi saya inspirasi dengan keindahan, karakter, dan semangat...
Ontario (ANTARA News) - Penyanyi country Kanada dan ikon musik folk Stompin` Tom Connors, meninggal dunia pada usia 77 tahun, demikian pernyataan yang dikeluarkan perusahaan rekaman A-C-T Records.

Connors dikenal dengan lagu "The Song Hockey," dan "Sudbury Saturday Night" serta kesetiaan patriotismenya.

Connors meninggal di rumahnya di Ontario pada Rabu secara alami, kata A-C-T dalam satu pernyataan yang disiarkan di situs Connors.

Lahir dengan nama Thomas Charles Connors di Saint John, New Brunswick, Connors dibesarkan oleh orangtua asuh di Prince Edward Island dan menumpang hidup di Kanada sebagai remaja.

Connors, yang menulis ratusan lagu terutama tentang sejarah dan tradisi Kanada, mendapat julukan dari kebiasaannya menginjak tumit sepatu botnya sekaligus menjaga tempo lagu.

Ia mulai terkenal pada akhir tahun 1960 dan telah merilis lebih dari 20 album, termasuk "My Grounds Stompin`" dan "Believe in Your Country", selama karier yang dijalani lima dekade.

Connors pensiun pada tahun 1979 dan mengembalikan enam Juno Awards untuk musik Kanada sebagai protes atas Amerikanisasi industri musik nasional.

Ia kembali bergiat di bidang musik pada tahun 1988.

Connors pun berterima kasih kepada para penggemarnya dalam satu pernyataan yang dirilis oleh keluarganya, demikian seperti yang dikutip dari Reuters.

"Itu adalah jalan bergelombang panjang dan keras, tetapi negara besar ini terus memberi saya inspirasi dengan keindahan, karakter, dan semangat, yang membawa saya untuk terus berbaris dan mencurahkan diri  untuk bernyanyi tentang orang-orang dan tempat-tempat yang membuat Kanada menjadi negara terbesar di dunia," kata Connors dalam pernyataan yang dimuat di situsnya.

"Sekarang saya harus memberikan obor itu, untuk anda semua, untuk membantu menjaga dedaunan mapel terbang tinggi, dan menjadi Patriot Kanada yang sekarang diperlukan dan di masa depan," tambahnya.

Dia meninggalkan seorang istri dan empat anak.


Penerjemah : Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013