Maka pemerintah daerah akan menindaklanjuti sebagai upaya antisipasi dini.
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyebutkan bahwa prediksi puncak musim kemarau di daerahnya akan terjadi pada periode Agustus-Oktober 2023 mendatang.
 
"Setelah tadi berkomunikasi dengan pemangku kepentingan terkait, ada informasi dari BMKG bahwa untuk Sumatera bagian selatan termasuk Lampung akan menghadapi El Nino dalam waktu dekat," ujar Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Zainal Abidin, di Bandarlampung, Kamis.
 
Ia mengatakan adanya fenomena El Nino tersebut akan memunculkan musim kemarau di daerahnya yang diprediksi puncaknya akan terjadi pada Agustus hingga Oktober mendatang.
 
"Berdasarkan keterangan BMKG, potensi curah hujan bulanan di tiga bulan itu berkategori rendah atau kurang dari 100 milimeter per bulan," katanya lagi.
 
Dia melanjutkan diprediksi pada tiga bulan tersebut hampir semua wilayah akan mengalami kekeringan, sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi lebih cepat untuk menghadapi kondisi tersebut.
 
"Dengan adanya prediksi tersebut, maka pemerintah daerah akan menindaklanjuti sebagai upaya antisipasi dini. Seperti dari Dinas Pertanian sudah membuat pemetaan kabupaten yang akan mengalami kekeringan ini harapannya bisa sampai kecamatan jadi intervensi bisa lebih detail, untuk mencegah gagal panen," ujarnya pula.
 
Menurut dia, akan dibuat pula forum khusus untuk menerima informasi dari BMKG sebagai acuan pengambilan keputusan lebih cepat.
 
"Untuk bersiap menghadapi dampak kekeringan itu yang dilakukan, seperti mencegah kebakaran hutan, lalu mengatur pola tanam, irigasi, dan menyiapkan infrastruktur sumber daya air untuk menjaga ketersediaan air," katanya lagi.
 
Ia mengatakan dengan adanya identifikasi beberapa daerah yang rawan mengalami kekeringan, pihaknya juga telah menyiapkan teknis pengaturan pintu air serta menyediakan sumber air bersih bagi masyarakat yang ada di daerah rawan kekeringan.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023