... terekam melalui kamera trap dan jejak kakinya ada sekitar 65 harimau lagi... "
Jambi (ANTARA News) - Sebanyak 65 harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) masih berada dan menghuni hutan di dua Taman Nasional yang adi diwilayah Provinsi Jambi.

Kepala BKSDA Jambi, Tri Rahardjo, di Jambi, Selasa mengatakan, data yang tercatat di BKSDA sejak 2004 hingga 2010 jumlah harimau yang terekam melalui kamera trap dan jejak kakinya ada sekitar 65 harimau lagi mereka menghuni di dua taman nasional tersebut.

Untuk di Taman Nasional Kerinci Seblat wilayah Jambi diperkirakan ada sekitar 22 harimau sumatera yang masih hidup dalam hutan taman nasional tersebut.

Kemudian lagi di Taman Nasional Bukit Tigapuluh untuk wilayah Jambi dan Riau jumlah harimau yang hidup disana ada sebanyak 43 harimau.

Dalam menemukan jumlah harimau Sumatera yang hidup di taman nasional diwilayah Provinsi Jambi, pihak BKSDA Jambi menggunakan sistem kamera trap dan mendapatkan laporan dari masyarakat dan menemukan jejak kakinya yang ada didalam hutan.

Sejak 2004 hingga 2012, BKSDA Jambi mencatat ada sebanyak 89 ekor harimau Sumatera yang masih hidup di wilayah hutan Provinsi Jambi sebagai habitatnya.

Selain hidup di Taman Nasional, harimau Sumatera yang ada di Provinsi Jambi ada di kawasan hutan milik perusahaan perkebunan yakni di PT Wira Karya Sakti pada Distrik I, III dan VI yang berjumlah 12 ekor.

Kemudian lagi dikawasan pelestarian plasma nutfah PT WKS ada tiga ekor harimau dan di kawasan hutan PT Reki ada enam ekor harimau serta dikawasan FZS ada dua ekor harimau yang terpantau. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013