Los Angeles (ANTARA News) - Dale Robertson, bintang sejumlah film Western Hollywood tahun 1950-an hingga 1960-an, meninggal dunia pada usia 89 tahun di California selatan, kata Scripps Memorial Hospital di La Jolla, Kamis.

Robertson, yang terkenal dengan perannya sebagai agen khusus Jim Hardie dalam serial televisi NBC "Tales of Wells Fargo" dari 1957-1962, meninggal dunia pada Selasa, kata pihak rumah sakit itu.

Bintang "Sitting Bull" ini sudah dalam kesehatan yang buruk selama sekitar dua tahun dan pekan lalu didiagnosis kanker, kata keponakannya, Nancy Cinta Robertson, kepada surat kabar The Oklahoman.

Dilahirkan di Harrah, Oklahoma pada tahun 1923, Dayle Lymoine Robertson adalah aktor menarik perhatian agen di Hollywood setelah fotografer Los Angeles memajang fotonya di jendela layar pamer.

Robertson, yang bertugas di Eropa dan Afrika selama Perang Dunia II, membintangi 60 film dan acara televisi selama lima dekade karir aktingnya, yang dimulai dengan peran film Western pada tahun 1950-an seperti "Devil`s Canyon" dan "Dakota Incident."

Aktor ini ditahbiskan tahun 1983 pada National Cowboy and Western Heritage Museum`s Western Performers Gallery di Oklahoma City bersama beberapa bintang yang paling terkenal di layar koboi Hollywood termasuk John Wayne dan Roy Rogers.

Robertson meninggalkan seorang istri, Susan, dan dua anak perempuan, demikian laporan Reuters.

(SYS/H-AK)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013