"...seluruh PCM/PRM, Takmir Masjid Muhammadiyah untuk berkoordinasi dengan Kemenag dan aparat kepolisian agar pelaksanaan shalat Idul Adha tertib dan lancar,"
Pekanbaru (ANTARA) - Ketua PD Muhammadiyah Kota Pekanbaru, Jabarullah mengatakan menyediakan 13 lokasi untuk tempat Shalat Idul Adha tahun 2023 di Kota Pekanbaru pada 28 Juni 2023.
 
"Warga Muhammadiyah melaksanakan Shalat Idul Adha Rabu(28/6) berdasarkan Keputusan PP Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor: 01/MLM/I.0/E/2023 pada 21 Januari 2023 menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada 28 Juni 2023," ucapnya di Pekanbaru, Selasa.

Menindaklanjuti Maklumat tersebut katanya Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru telah mengeluarkan Instruksi melalui surat dan memberikan himbauan antara lain kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk melaksanakan Shalat Idhul Ahda (10 Dzulhijjah 1443 H) pada Rabu (28/6) di Masjid Muhammadiyah atau di lapangan seperti yang biasa digunakan.

"Kepada seluruh PCM/PRM dan atau Takmir Masjid Muhammadiyah untuk berkoordinasi dengan Kemenag dan aparat kepolisian setempat agar pelaksanaan shalat Idul Adha berjalan tertib dan lancar," katanya.

Selain itu seluruh PCM/PRM dan atau para Takmir Masjid Muhammadiyah agar memasang bendera, umbul-umbul dan spanduk disekitar lokasi pelaksanaan shalat id.

"Waktu pelaksanaan pemotongan hewan Qurban dianjurkan pada 29 Juni 2023, dan tatacara penyelenggaraan disesuaikan tuntutan Tarjih Muhammadiyah dan memperhatikan kesehatan hewan qurban," katanya.

Sekretaris PDM Pekanbaru Dr. Elfiandri mengatakan menindaklanjuti maklumat pusat dan instruksi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru untuk menfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Adha maka silahkan seluruh warga dan simpatisan Muhammadiyah serta umat Islam lain yang berniat shalat Idul Adha pada 28 Juni 2023, datangi tempat-tempat terdekat.

"Kami sudah siapkan 13 titik lokasi se Kota Pekanbaru yaitu Halaman Kampus UMRI Jl. T. Tambusai, Masjid Alfida’ Jl Ahmad Dahlan Sukajadi, Masjid Taqwa Pasar Pusat, Lapangan Masjid Taqwa Jl Srikandi Delima, Halaman SMK Muhammadiyah 3 Jl Ciptakarya Panam," katanya.

Selain itu halaman Masjid Alfurqon Jl Serayu, Halaman Masjid Abubakar Shiddiq Muhammadiyah Gg. Pelita, Halaman SMP.Muhammadiyah 2 Jln T. Bey, Masjid Nurul Yakin Jl Paus, dan Halaman Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Jl. Kesuma Pekanbaru.

Berikutnya lapangan MIM 1 Rumbai dan Lapangan MIM 2 Limbungan Baru, Masjid Darul Qur’an Jln. Sosial/Jln. Kubang Raya, Kel. Tuah Madani.

"Semoga kita bisa melaksanakan shalat Idul Adha dengan aman, tertib dan khusu’ meskipun ada perbedaan waktu dalam pelaksanaan," katanya. 
Baca juga: Muhammadiyah DIY ajak masyarakat bertoleransi soal perbedaan Idul Adha
Baca juga: Gedung PP Muhammadiyah siap tampung 1.500 jamaah Shalat Idul Adha esok
Baca juga: Wali Kota Semarang: Hormati perbedaan penetapan Idul Adha

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023