Kegiatan emergency drill ini merupakan komitmen PT Pertamina (Persero) mulai dari level top management hingga ke pekerja
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melalui Integrated Terminal Jakarta melaksanakan kegiatan emergency drill secara rutin sebagai upaya peningkatan kesigapan dan kemampuan pekerja dalam menanggulangi keadaan darurat.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan emergency drill pada bulan Juni ini digelar pada Selasa (20/6/2023) di lingkungan Integrated Terminal Jakarta, yang terdiri atas Fuel Terminal (FT) Plumpang, FT Tanjung Priok, dan Terminal Liquified Petroleum Gas (LPG) Tanjung Priok.

Kegiatan emergency drill atau latihan dalam menghadapi kondisi darurat kali ini melibatkan berbagai tim dan manajemen, yaitu sebanyak 93 pekerja di FT Plumpang, 92 pekerja di FT Tanjung Priok, dan 36 pekerja lainnya di Terminal LPG Tanjung Priok.

Menurut Eko, selain peningkatan kompetensi pekerja, kegiatan emergency drill juga bertujuan untuk meningkatkan prosedur penanganan pada kondisi abnormal dan kedaruratan serta kesigapan dan keterampilan dalam menggunakan peralatan penanggulangan.

Ia menambahkan kegiatan rutin emergency drill di Integrated Terminal Jakarta juga bertujuan untuk mengevaluasi sarana dan fasilitas dalam kondisi darurat seperti alarm darurat, sinyal handy talky (HT), hingga memastikan kondisi selang, hidran, dan keran hingga peralatan pemadam kebakaran lainnya dapat berfungsi dengan baik.

"Kegiatan emergency drill ini merupakan komitmen PT Pertamina (Persero) mulai dari level top management hingga ke pekerja untuk terus menjadikan aspek health, safety, security, and environment (HSSE) atau aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan sebagai perhatian utama dalam bekerja," ujar Eko Kristiawan.

Baca juga: PT Pertamina Patra Niaga uji coba transaksi LPG 3Kg gunakan KTP
Baca juga: Pemegang saham tetapkan direksi baru PT Pertamina Patra Niaga

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023