Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku siap menghadapi uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR RI guna menduduki jabatan Gubernur Bank Indonesia, setelah dia dicalonkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk posisi itu.

"Bahwa pada saat seperti saat ini, fokus pemerintah dan BI tentu bagaimana menjaga stabilitas sistem keuangan. Jadi, penugasan ini saya terima dengan baik dan coba melakukan dengan baik fit and proper di DPR, kita harapkan hasil yang baik," katanya di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Agus menegaskan, dia tidak ragu menjalani uji kelayakan dan kepatutan meskipun pada 2008 pernah ditolak DPR menjadi Gubernur Bank Indonesia.

"Tapi sekarang mendapatkan kepercayaan Presiden untuk jadi Gubernur BI tentu akan saya jalankan sebaik-baiknya selebihnya merupakan kewenangan DPR untuk menyetujui atau tidak menyetujui," katanya.

Ia siap melanjutkan reformasi BI, memenuhi tugas utama BI dalam nmengendalikan inflasi, menjaga kesehatan moneter, dan meningkatkan harmonisasia kebijakan fiskal serta moneter.

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution yang dilantik pada 2009 meneruskan sisa masa jabatan Boediono saat itu, akan menyelesaikan masa tugasnya pada 22 Mei 2013.
(M041/D007)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013