London (ANTARA News) - Manchester City memperkukuh posisi kedua mereka di Liga Utama Inggris  setelah menang 2-0 atas tamu sekaligus pesaing terdekat, Chelsea, Minggu.

Eksekusi penalti Frank Lampard dapat digagalkan kolega Inggrisnya Joe Hart, selanjutnya City berhasil mencetak gol pada babak kedua melalui pemain terbaik di laga ini Yaya Toure dan pemain pengganti Carlos Tevez.

Meski peluang City untuk mempertahankan gelar liga mereka terlihat semakin kecil, mereka sekarang unggul tujuh angka atas Chelsea, yang dapat terpeleset ke peringkat keempat jika Tottenham Hotspur dapat mengalahkan West Ham United pada Senin.

Baik pelatih City Roberto Mancini dan sejawatnya di Chelsea Rafael Benitez membanjiri tim mereka dengan pemain-pemain tengah di Stadion Etihad, di mana Benitez memilih untuk membangkucadangkan John Terry dan Fernando Torres.

City memainkan Sergio Aguero sebagai penyerang tunggal, dan meski ia kesulitan berjuang sendirian di lini depan, namun justru tuan rumah yang mendominasi babak pertama.

Kiper tim tamu Petr Cech harus menepis tandukan dari Matija Nastatic ke atas mistar gawang, sedangkan Gary Cahill mampu menahan sepakan voli mengarah ke gawang yang dilepaskan Pablo Zabaleta.

City memberikan peluang langka untuk mengisi tim inti kepada Jack Rodwell, dan gelandang itu dua kali memberi ancaman sebelum turun minum, di mana Cech harus mengantisipasi tembakan jarak jauhnya dan kemudian tandukan menyusul tendangan penjuru.

City mendapat peluang untuk membuka keunggulan pada awal babak kedua, ketika Hart melanggar Demba Ba, namun kiper Inggris ini mampu menggagalkan eksekusi penalti Lampard.

Aguero melepaskan sepakan yang hanya bersarang di bagian atas gawang, sebelum gempuran City akhirnya berbuah hasil pada menit ke-63.

Toure mendapat umpan dari David Silva dan menarik perhatian dariempat pemain bertahan tim tamu sebelum melepaskan tembakan yang gagal dibendung Cech, dan bola bersarang di sudut kanan bawah gawangnya.

Tevez memperbesar keunggulan timnya pada menit ke-85, melalui tembakan yang bersarang di sudut kiri atas gawang.

(H-RF/I015)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013